2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Papua Pegunungan Jadi Provinsi Dampingan Kementerian PPN-Bappenas

BatasNegeri – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN-Bappenas) menjadikan Provinsi Papua Pegunungan sebagai provinsi percontohan sebab dinilai memiliki ciri khusus yakni tingkat kesulitan yang masih tinggi serta kompleksitas persoalan layanan publik.

Hal itu disampaikan Penjabat atau Pj Gubernur Papua Pegunungan, Velix Vernando Wanggai, saat ditemui Jubi di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, pada Selasa (16/1/2024) siang.

Wanggai mengatakan bahwa Provinsi Papua Pegunungan dipilih sebagai model percontohan bersama dua provinsi lainnya yakni Provinsi Bali dan Provinsi Kepulauan Riau.

“Ketiga provinsi ini memiliki ciri khas masing-masing. Provinsi Bali dengan karakter balinya sebagai pusat gravity pariwisata di Indonesia. Kepulauan Riau di wilayah barat sebagai provinsi yang berciri kepulauan. Sementara Papua Pegunungan dengan ciri kawasan pegunungan dengan medan dan geogerafis yang cukup sulit dengan segala kompleksitas persoalan yang ada,” jelas Wanggai.

Ia juga mengatakan bahwa Kementerian PPN-Bappenas akan melakukan asistensi melalui tim asistensi yang akan dibentuk untuk pendampingan perencanaan.

Dalam waktu dekat ini, kata Wanggai, rencanannya Menteri PPN dan Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, akan melakukan kunjungan ke Wamena.

“Dalam kunjungan ke Wamena ini, Kementerian PPN-Bappenas akan membentuk tim asistensi untuk pendampingan perencanaan pembangunan di Papua Pegunungan untuk 5 tahun dan 20 tahun ke depan dalam konteks penyusunan rancangan teknokratik,” jelas Wanggai.

Selain itu Wanggai mengatakan bahwa Bappenas juga akan melakukan pendampingan terhadap berbagai proyek prioritas berupa ekonomi, infrastruktur, dan beberapa sektor lainnya sesuai karakter yang dimiliki Papua Pegunungan, termasuk dua provinsi lainnya yang telah dipilih sebagai provinsi percotohan.[*]

jubi.id