1 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Satgas Pamtas dan UPF Sinergi Menjaga Batas Negara

BatasNegeri – Satuan Tugas (Satgas) Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY bersinergi dengan Unidade de Patrulhamento da Fronteira (UPF) Timor Leste melaksanakan patroli bersama di perbatasan negara antara Indonesia dan Timor Leste.

Patroli gabungan ini dipimpin langsung oleh Mayor Inf Trijuang Danarjati, sebagai Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY, serta Letkol Euclides Belo sebagai Dansatgas UPF.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kondisi pilar batas kedua negara, memastikan kesesuaian koordinat, dan mencegah pelanggaran di zona perbatasan RI-RDTL, khususnya di sepanjang sungai Batugede, wilayah Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur.

“Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara Satgas Pamtas Yonif 742/SWY dan UPF, patroli ini menjadi langkah bersama untuk menjaga sinergitas dalam tugas mengamankan wilayah perbatasan RI-RDTL. Kami berterima kasih kepada Dansatgas UPF Letkol Belo dan jajaran atas semangat dan dedikasi tinggi dalam patroli hari ini,” ucap Mayor Inf Trijuang Danarjati. Selasa, (30/1/2024).

Letkol Belo dari UPF juga menyampaikan apresiasi, “Terima kasih kepada Dansatgas Yonif 742/SWY dan jajaran yang telah berkerjasama menjaga sinergitas pengamanan perbatasan. Patroli ini bertujuan untuk memastikan keutuhan patok dan papan pengumuman yang dipasang oleh kedua negara. Kami berharap, dengan adanya kerjasama ini, patok dan papan pengumuman yang rusak dapat segera diperbaiki.”

Letkol Belo menginginkan, melalui patroli bersama ini, diharapkan kolaborasi antara Satgas Pamtas Yonif 742/SWY dan UPF terus meningkat, menjadikan pengamanan perbatasan RI-RDTL lebih efektif dan terjaga.[*]

rri.co.id