24 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Fashion Show Pelajar Semarakkan Hardiknas 2024 Kabupaten Nias Selatan

BatasNegeri –  Parade fashion show para pelajar se-Kabupaten Nias Selatan menyemarakkan pelaksanaan Hardiknas Tahun 2024 Kabupaten Nias Selatan. Kegiatan ini merupakan implementasi kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang salah satu temanya adalah Gaya Hidup Berkelanjutan. Salah satu aktifitas nyata yang dilakukan yakni dengan menggunakan barang bekas atau bahan alami sebagai bahan busana yang dipakai dalam parade fashion show tersebut. 

Seperti peserta dari SDN 071122 Teluk Dalam terlihat mengenakan ragam kostum unik yang sebagian besar menggunakan dedaunan dan juga kertas. Salah satunya dikenakan Winta Gaho dan Oswald Zebua. Mereka mengenakan kostum dengan tambahan aksesoris dari daun pakis. 

“Kostumnya buat lomba hari ini. Rasanya senang bisa ikut,” ungkapnya Kamis (2/5/2024). 

Sementara itu Guru Pendamping dari SDN 071122 Teluk Dalam, Abdiani Ziraluo menjelaskan kostum unik dibuat bersama para siswa dan guru selama dua hari.

“Kita menggunakan bahan-bahan alami dari dedaunan yang ada di belakang gedung sekolah seperti daun mangga, daun lengkuas dan daun pakis. Ada juga yang menggunakan baju adat nusantara. Total peserta dari SD kami ada 6 pasang atau 12 orang,” ujarnya, 

Diakhir keterangannya ia mengajak seluruh anak Nias Selatan untuk membangun jati diri yang lebih kreatif dan inovatif serta berdaya nilai tinggi. Ia juga mengapresiasi pemerintah daerah yang telah memfasilitasi pelaksanaan peringatan Hardiknas tahun 2024 dalam memberi ruang kreasi kepada siswa yang ada di Nias Selatan.[*]

rri.co.id