1 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Singapura Batasi Aktivitas di Pulau Sentosa Pasca Tumpahan Minyak

BatasNegeri – Singapura menutup beberapa taman pantai yang populer karena tumpahan minyak terus menyebar di sepanjang pantainya, dan pihak berwenang berjanji untuk mengintensifkan upaya pembersihan.

Minyak tumpah ke perairan Singapura setelah kapal keruk berbendera Belanda, Vox Maxima, menabrak kapal bunker berbendera Singapura, Marine Honor, pada Jumat, 14 Juni 2024, menurut Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA).

Meskipun kebocoran minyak dari kapal telah diatasi dengan dispersan pada hari Sabtu, beberapa bahan bakar yang diolah telah menyebar karena arus pasang surut, menurut MPA.

Tumpahan minyak telah menyebar dari pelabuhan kargo Terminal Pasir Panjang, sekitar 10 km dari Pulau Sentosa, yang terkenal akan lokasi hotel mewah, lapangan golf, dan Universal Studios Singapura.

“Karena arus pasang surut, minyak yang diolah telah mendarat di sepanjang garis pantai termasuk Sentosa, Cagar Alam Labrador, Kepulauan Selatan, Marina Selatan Dermaga, dan Taman Pantai Timur” kata pihak berwenang di Singapura.

Pihak berwenang mengerahkan kapal skimmer untuk upaya pembersihan dan memasang alat penyerap minyak sepanjang hampir 1.500 meter (4.921 kaki) untuk melindungi cagar alam pesisir yang dipenuhi hutan bakau.

Pantai-pantai di Sentosa tetap terbuka untuk umum tetapi aktivitas berenang dan air tidak diperbolehkan di pantai Tanjong, Palawan, dan Siloso di pantai barat pulau itu.

Sentosa, yang menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya, memiliki salah satu dari dua kasino di Singapura, lapangan golf, dan satu-satunya taman hiburan Universal Studios di Asia Tenggara. Sebagian tepi pantai di taman umum dan cagar alam telah ditutup untuk kegiatan upaya pembersihan. Pantai Sentosa akan tetap dibuka untuk umum tetapi aktivitas laut dan berenang dilarang.[]*

berbagai sumber