27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

ilustrasi - PLBN Wini (dok. PUPR)

Pemerintah Siap Bangun 9 PLBN Baru di Tahun 2018-2019

BatasNegeri – Pemerintah akan membangun 9 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dalam kurun waktu 2018-2019. PLBN ini akan menjadi gerbang terluar Indonesia dan berperan sebagai lalu lintas manusia dan barang.

Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Hadi Prabowo mengatakan, pihaknya tengah menyusun perencanaan (masterplan) terkait pembangunan 9 PLBN tersebut. Dengan begitu, pembangunan bisa dimulai pada 2018-2019.

“Anggarannya belum, baru disusun masterplan-nya dengan Pak PUPR setelah ditandatangani selesai, di sepakati, Kepala BNPP dan Menteri PUPR baru diusulkan pembangunannya mudah-mudahan 2019 sudah dimulai,” kata Hadi di Kantor BNPP, Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sri Hartoyo mengatakan, 1 dari 9 PLBN tersebut bakal dibangun lebih awal, yakni PLBN Sota di Kabupaten Merauke.

“Sota, salah satu lokasi di Merauke akan dimulai 2018,” ujarnya.

Lanjut Sri Hartoyo, Kementerian PUPR tengah menunggu masterplan yang sedang disiapkan. Namun demikian, dia mengatakan pembangunan bisa dilakukan lebih awal karena ada sebagian anggaran untuk pembangunan PLBN Sota.

“Dia maju lebih awal,” ujar dia.

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Negara BNPP, Robert Simbolon menuturkan, PLBN Sota akan dibangun lebih awal lantaran kebutuhannya mendesak.

“Sota paling selatan Papua, dan kebutuhan mendesak lalu lintas barang manusia Papua Nugini cukup aktif,” ungkapnya.

Robert merinci, dari 9 lokasi antara lain 1 PLBN di Papua, 2 PLBN di Kalimantan Barat, 4 PLBN di Kalimantan Utara, dan 2 di Nusa Tenggara Timur (NTT). Berikut rinciannya:

1. Sota Kabupaten Merauke (Papua)

2. Jagoi Babang Kabupaten Bengkatang (Kalimantan Barat)

3. Jasa Kabupaten Sintang (Kalimantan Barat)

4. Long Nawang Kabupaten Malinau (Kalimantan Utara)

5. Long Mindang Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara)

6. Labang Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara)

7. Sei Pancang (Kalimantan Utara)

8. Oepoli (NTT)

9. PLBN Napan (NTT).

liputan6.com