17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Foto-Kompas.com

Di Sangihe Warga Perbatasan Rayakan HUT RI di Pinggir Laut

BatasNegeri – Dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, PT PLN (Persero) ikut serta dalam pelaksanaan upacara bendera bersama Pemda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Kepulauan Sangihe termasuk salah satu pulau terluar dari Sulawesi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Upacara bendera dilaksanakan pukul 06.45 WITA yang berlokasi di Pelabuhan Tua, Tahuna yang langsung berhadapan dengan laut. Peserta diikuti dari para pelajar sekolah hingga para pegawai Pemda.

Usai pelaksanaan upacara bendera, peserta upacara tidak langsung pulang kerumah masing-masing. Namun, mereka tetap berkumpul untuk memeriahkan pesta rakyat yang dimulai dengan penampilan marching band dan dilanjutkan dengan berbagai lomba khas 17-an, seperti panjat pinang hingga lompat karung.

Salah satu warga, Debora mengaku pesta rakyat memang sering kali dilakukan ketika perayaan HUT RI. Biasanya masyarakat akan berkumpul hingga persyaratan puncaknya.

“Iya setiap tahun pasti ada pesta rakyat, biasanya malamnya ada penampilan dari band (dari Jakarta),”  kata dia pada Jumat, (17/8/2018).

Rangkaian acara peringatan HUT RI telah dilakukan oleh masyarakat Tahuna sejak Kamis, 16 Agustus 2018, yakni dengan melakukan pawai menggunakan mobil hias yang dilakukan oleh para anak-anak dari pendidikan anak usia dini (PAUD).

Mereka menggunakan pakaian-pakaian adat sambil menyanyikan lagu-lagu nasional.[*]

liputan6