21 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Ketua Komisi I DPRD NTT, Drs. Kasintus Proklamasi Ebu Tho

DPRD NTT Desak Pemerintah Perhatikan Masalah Perbatasan RI-RDTL

BatasNegeri – DPRD NTT mengingatkan pemerintah agar dapat memperhatikan persoalan perbatasan baik darat maupun perairan laut antara RI dan Timor Leste. Perbatasan dua negara ini ada persis di wilayah NTT -Timor Leste.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD NTT, Drs. Kasintus Proklamasi Ebu Tho di Kupang, Rabu (31/10/2018).

Menurut Ebu Tho, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT perlu melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyelesaikan masalah perbatasan darat maupun perbatasan laut antara RI dan Timor Lester.

“Upaya ini dilakukan agar tidak menimbulkan konflik berkelanjutan antar negara dan antar warga di daerah perbatasan,” kata Ebu Tho.

Dia menjelaskan, ada beberapa masalah yang dijadikan pemicu seperti perebutan sumber air antar warga di perbatasan Timor Leste dengan RI. “Kondisi ini hendaknya disikapi dengan musyawarah dan mufakat antar masyarakat,” katanya.

Selain masalah perbatasan antar negara Ebu Tho juga mengatakan masalah perbatasan juga perlu mendapat perhatian pemerintah adalah masalah perbatasan antar wilayah kabupaten di NTT, seperti masalah perbatasan di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat.

“Ada juga masalah perbatasan di wilayah TTS dan Malaka maupun perbatasan dengan Kabupaten Belu.” katanya.[*]

tribunnews