23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

wilayah perbatasan Kab Nduga dan Jayawiya (Foto-Antara)

Pemkab Jayawijaya Bangun Sejumlah Pos Keamanan

BatasNegeri – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya akan membangun sejumlah pos keamanan yang berbatasan langsung dengan kabupaten lainnya di wilayah pegunungan tengah Papua.

Komitmen bersama dengan TNI-Polri ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan peredaran minuman keras atau peredaran barang terlarang lainnya masuk ke Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon R. Banua, menuturkan komitmen pemkab bertujuan untuk memberantas miras, senjata tajam, guna menciptakan kota yang aman dan damai.

“Beberapa titik keamanan akan kami bangun di daerah Woma atau daerah yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten pemekaran lainnya,” kata Jhon, Rabu (2/1/2019).

Sebelumnya pada operasi lilin Matoa 2018, Polres Jayawijaya dalam perayaan jelang tahun baru 2019, berhasil menangkap pelaku pemakai ganja. Selain itu, pihak kepolisian juga menangkap 10 orang pekerja seks komersial (PSK) dan menyita ratusan botol miras, serta belasan senjata tajam.

Sejumlah ruas jalan penghubung antar-kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua telah terhubung. Misalnya saja Jalan Trans Papua yang sudah terhubung yakni Kabupaten Jayawijaya – Kota Jayapura – Keerom – Yalimo – Tolikara – Puncak Jaya.

Namun, kepolisian setempat mengklaim masih banyak peredaran barang terlarang juga masuk lewat jalur tersebut. Bukan hanya narkoba yang bisa diselundupkan dari jalan Trans Papua yang menghubungkan kabupaten tersebut, namun juga ada motor curian, hingga penyaluran PSK.[*]

kumparan.com