27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Presiden Mari Alkatiri minum wine bersama di Pantai Makasar, Distrik Oecuse, Senin (10/11/2018). Foto-tribunnews

NTT-Timor Leste Buka Perdagangan Bebas

BatasNegeri – Pemerintahan Nusa Tenggara Timur bersama Timor Leste mengumumkan kerja samanya dalam Perdagangan Bebas di wilayah perbatasan.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Rabu (2/1/2019).

“Kami telah merintis kerja sama dengan Timor Leste untuk memastikan terjalin hubungan dagang terutama Perdagangan Bebas di perbatasan,” katanya.

Menurutnya, kerja sama dagang ini akan memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi kedua wilayah yang berbatasan darat secara langsung di Pulau Timor ini.

Dijelaskannya, upaya konsolidasi untuk mewujudkan kerja sama ini telah dilakukan melalui kunjungan perdana pada 10 Desember 2018 ke Distrik Oekusi, Timor Leste.

Selanjutnya, kehadiran Presiden Wilayah Otonomi Administrasi Khusus Oekusi, Mari Alkatiri, pada perayaan HUT ke-60 Provinsi NTT pada 20 Desember 2018 juga telah mempertegas hubungan kerja sama dimaksud.

Gubernur Viktor meyakini, dengan dukungan Pemerintah Pusat, NTT akan memainkan peranan strategis dan dinamis dalam jaringan perdagangan internasional di kawasan pasifik selatan.

Ia menambahkan, kerja sama dengan pihak Timor Leste tidak hanya dalam hubungan dagang namun juga dalam pembangunan infrastruktur.

Ia mengatakan, Pemerintah Oekusi telah menyampaikan proposal konkrit untuk kerja sama membangun sebuah jembatan di Citrana yang merupakan wilayah perbatasan negara di Kabupaten Timor Tengah Utara dengan Distrik Oekusi, yang akan diberi nama Jembatan Persahabatan, menurut lansiran dari Antara (2/1).

“Kami sudah sampaikan akan membangun bersama nanti pada 2020, kalau 2019 belum ada uang, dan diupayakan jembatan yang bagus dan berkelas,” katanya.[*]

akurat.co