17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Jejak Jokowi di Trans Papua

BatasNegeri – Sebelumnya, Anis Wayag (30), warga Kampung Walarek yang terletak di antara Kabupaten Yalimo dan Jayawijaya, tak henti-hentinya menyebutkan nama Jokowi. Walau begitu, ia mengaku belum pernah bertemu dengan Jokowi.

“Ini jalan Jokowi. Jokowi kasih uang, terus jalan ini ada,” begitu kata Anis yang lebih senang menyebut jalan Trans Papua yang menghubungkan Jayapura dan Wamena dengan Jalan Jokowi.

Bukan tanpa alasan, Anis yang berasal dari Kampung Walarek, Kabupaten Yalimo, berkisah tentang kondisi jalan di daerahnya.

Dulunya, sebelum jalan ini ada, untuk menghubungkan jalan dari kampungnya ke Elelim, ibu kota Yalimo membutuhkan waktu hingga satu bulan lamanya berjalan kaki menembus lebatnya hutan.

“Tapi setelah jalan trans ada, hanya dibutuhkan waktu satu hari satu malam dengan berjalan kaki. Kondisi jalan sudah bagus dan terhubung. Terima kasih Pak Jokowi,” kata Anis.

Jalan Trans Papua yang menghubungkan Jayapura–Wamena terbentang sepanjang 575 kilometer. Jalan ini membelah gunung, menyisiri bukit hingga melewati sungai-sungai lebar. Walaupun masih dalam tahap pengerjaan, antusiasme warga dan sopir pembawa sembako dan kebutuhan pokok dari Jayapura ke Wamena tak bisa lagi terbendung untuk melewati jalan ini.[*]

 (liputan6.com)