27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Di Entikong ada WNI Pulang Indonesia Lewat Jalur Tikus

BatasNegeri – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns menemukan 26 WNI pulang ke Indonesia melewati jalur tikus di sektor kanan PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Para WNI yang terdiri dari 25 orang dewasa dan satu anak-anak tersebut melintasi jalur tikus karena tidak memiliki dokumen lintas batas negara. Mereka sebelumnya bekerja di Malaysia.

“Mereka saya temukan saat saya bersama anggota berpatroli di sektor kanan PLBN Entikong tadi siang,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonif 643/Wns, Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto, Minggu (14/4/2019).

Setelah terpergok melewati jalur tikus, puluhan WNI itu dibawa ke Pos Kotis Satgas Pamtas untuk diperiksa intensif guna memastikan asal usul mereka dan tidak ada barang-barang ilegal yang dibawa. Usai diperiksa, 26 WNI tersebut diserahkan ke Imigrasi Entikong untuk proses lebih lanjut.

Sementara itu, dalam dua bulan terakhir beberapa kali prajurit Yonif 643/Wns menemukan TKI pulang lewat jalur tikus di sekitar PLBN Entikong. Yonif 643/Wns juga sempat beberapa kali mengagalkan upaya pengiriman WNI untuk dipekerjakan ke Malaysia melalui prosedur tidak resmi di perbatasan.

“Tiga kali kami mengagalkan pengiriman WNI yang mau dipekerjakan secara tidak resmi ke Malaysia,” ungkap Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto.

Lalu lintas pekerja migran melalui prosedur tidak resmi mengisyaratkan perbatasan Entikong masih menjadi jalur ’empuk’ perlintasan orang ilegal. Kolaborasi antara pihak keamanan seperti Satgas Pamtas dengan pihak terkait sangat dibutuhkan agar WNI yang diselamatkan mendapat penanganan pasti.[*] 

(rri.co.id)