27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Mulusnya Jalan Menuju PLBN Entikong

BatasNegeri – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, jadi salah satu pos perbatasan yang diperbarui pada masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

PLBN Entikong berwajah baru di Kabupaten Sanggau, diresmikan pada akhir 2016 lalu. Pos perbatasan ini dibangun kembali oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan masa 1 tahun.

Lantas bagaimanakah akses menuju pos perbatasan tersebut? detikcom mendapat kesempatan melewati perbatasan RI dan Malaysia melalui Entikong, dalam acara Terios 7 Wonders yang berlangsung di Pulau Kalimantan pada 21-23/6/2019.

Jalanan yang mulus ternyata juga didukung oleh situasi lalu lintas yang tidak terlalu padat. Maklum, kendaraan pribadi di Pulau Kalimantan masih bisa dihitung jari.

Hanya ada beberapa kendaraan MPV dan mobil pikap, serta truk yang ditemui sepanjang perjalanan.

Dari pantauan kami selama menempuh jarak 244 km dari Kota Pontianak menuju Entikong, kondisi jalan secara umum terlihat cukup mulus. Memang ada beberapa titik jalan yang masih bumpy alias bergelombang, namun hal itu tidak mengurangi kualitas berkendara di jalan ini.

Kondisi jalan aspal yang mulus tersebut berlanjut hingga sampai ke PLBN Entikong. Bahkan sebelum memasuki PPBN tersebut, ada sebuah jembatan kokoh dan megah yang membentang di Jalan Raya Entikong.[*]

detik.com