17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Sejumlah pengunjung berfoto di tugu Garuda Pancasila saat kegiatan Border Trade Fair RI-PNG di Skouw, Kota Jayapura, Papua, Jumat (24/11). Sejumlah Negara dari PNG serta Negara-Negara Pasific Selatan mengikuti Border Trade RI-PNG di Skouw, guna meningkatkan hubungan dagang serta tali persaudaraan. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/foc/17.

Pasar Skouw Diharapkan Jadi Penggerak Ekonomi Perbatasan

BatasNegeri – Menindaklanjuti pemberlakuan PMK Nomor 80/PMK.04/2019 tentang  Impor dan Ekspor Barang yang Dibawa oleh Pelintas Batas dan Pemberian Pembebasan Bea Masuk Barang yang Dibawa oleh Pelintas Batas dan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Perbatasan Skouw, Bea dan Cukai Wilayah Khusus Papua melakukan Rapat Koordinasi dengan pimpinan instansi terkait.

Rapat dilaksanakan di Ruang Media Center Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jayapura dipimpin oleh Ahmad Rofiq selaku Kepala Kantor Wilayah dan dihadiri pimpinan dari berbagai instansi.

“Peningkatan pertumbuhan ekonomi di perbatasan Skouw harus dilakukan dengan pendekatan prosperity dan pendekatan security, dua-duanya harus berjalan bersama. Fungsi pasar skouw harus lebih ditingkatkan dan kedepan pasar skouw akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus” ujar Ahmad Rofiq.

Pasar Skouw yang akan diresmikan dalam waktu dekat ini, diharapkan menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat perbatasan Skouw.

“Pasar akan kita buka setiap hari, bukan hanya hari Selasa dan Kamis, ini untuk mengetahui pergerakan kebutuhan pasar” ujar Yan Z Numberi Administrator Pos Lintas Batas Negara Skouw yang juga hadir dalam rapat tersebut.

Diharapkan dengan dilaksanakannya rapat koordinasi ini terjalin sinergi yang semakin baik dalam menghasilkan kebijakan-kebijakan untuk peningkatan perekonomian masyarakat perbatasan Skouw.[*]

beacukai.go.id