17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Gubernur Papua dan Tokoh Masyarakat Gelar Deklarasi Kesepakatan Bersama Demi Papua Tanah Damai

BatasNegeri – Gubernur Papua bersama tokoh masyarakat bertemu melakukan deklarasi damai. Mereka sepakat menjaga persatuan.

Pertemuan dilakukan di Swiss-Belhotel, Jayapura, Kamis (5/9/2019). Pertemuan dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan para tokoh masyarakat Papua.

WhatsApp Image 2019-09-05 at 21.54.28

dok. BatasNegeri

Kapolri berharap deklarasi ini bisa diterapkan ke masyarakat. Dia berharap semua masyarakat menjaga Papua tetap damai.


“Mudah-mudahan dengan adanya deklarasi damai akan bergema di seluruh Papua, dan di-follow up ditindaklanjuti oleh kepala daerah, Kapolres, Dandim, Forkopimda yang ada di semua kabupaten dan kota sambil membuat kegiatan dalam rangka harmonisasi masyarakat yang berbeda etnis suku dan agama dan ras yang ada di tanah air kita,” kata Tito dalam sambutannya.

WhatsApp Image 2019-09-05 at 21.54.27 (1)

dok. BatasNegeri

Deklarasi ini disebut sebagai kesepakatan untuk menjaga persatuan Indonesia. Deklarasi ini, menurutnya, menjadi pengingat seluruh masyarakat Papua bersaudara.

“Deklarasi kesepakatan bersama dalam rangka menjaga Papua tanah yang damai. Bapak-Ibu sekalian sebentar lagi kita akan deklarasi, ini adalah kesepakatan kita bersama sebagai anak bangsa. Saya ingin sampaikan bahwa deklarasi mengingatkan kepada kita semua bahwa kita satu keluarga, sebangsa dan setanah air Indonesia,” kata Tito.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, deklarasi ini adalah kesepakatan bersama sebagai anak bangsa. “Deklarasi ini mengingatkan kepada kita semua adalah satu keluarga sebangsa dan setanah air,” tuturnya.

WhatsApp Image 2019-09-05 at 21.54.28 (1)

dok. BatasNegeri

Menurutnya, keanekaragaman suku bangsa, budaya dan bahasa di Indonesia menjadi sebuah kekuatan Bhineka Tunggal Ika.

“Perbedaan satu sama lain adalah untuk saling melengkapi menjadi satu kekuatan, sehingga rumah besar Indonesia harus kita jaga,” katanya.

WhatsApp Image 2019-09-05 at 21.54.29 (2)

dok. BatasNegeri

Gubernur Papua juga memberi jaminan keamanan bagi siapa saja yang tinggal di Papua. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bila sejak saat ini sudah tidak ada lagi istilah paguyuban nusantara, dan yang ada adalah warga nusantara.

“Saya berjanji kepada saudara-saudara ku, saya memberikan jaminan kepada siapapun yang hidup di tanah ini, anda mempunyai hak yang sama,” ujarnya.

WhatsApp Image 2019-09-05 at 21.52.06

dok. BatasNegeri

Berikut ini isi deklarasi damai:
1. Menjaga persatuan dan kesatuan di tanah Papua.
2. Hidup berdampingan rukun damai dengan penuh kasih sayang.
3. Sepakat tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak benar.
4.Sepakat menolak kelompok separatis dan radikal di tanah Papua.

Deklarasi ini kemudian ditandatangani oleh Gubernur Papua, Ketua MRP Timotius Murib, Ketua DPRP Yunus Wonda, dan para tokoh masyarakat yang hadir. [*]