27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Foto Kupang Pos

Jelang Hari Pahlawan, Satgas Pamtas di Perbatasan RI-RDTL Adakan Wisata Wawasan Kebangsaan

BatasNegeri – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2019,  Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ memberikan wawasan ilmu pengetahuan tentang batas-batas negara di Perbatasan RI-RDTL kepada siswa-siswi SD Inpres Fohululik Desa Lutharato Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu NTT.

Wisata wawasan kebangsaan itu diselenggarakan personil Pos Fohululik dengan materi pengenalan bentuk batas-batas Negara seperti CBDRF (Common Border Datum Reference Frame), BSP (Border Sign Post) dan PBN (Pilar Batas Negara) guna meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI).

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, Letkol Inf Ikhsanudin di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Atambua, Rabu (06/11/2019).

“Sebagaimana kita ketahui bersama, tanda-tanda batas Negara terletak di sepanjang sektor timur garis perbatasan RI-RDTL, sehingga tanda-tanda tersebut belum dikenali oleh anak-anak usia dini baik bentuk maupun karakteristiknya. Sehingga Satgas Pamtas berupaya untuk mengenalkan bentuk dan karakteristik tanda batas Negara, guna menambah ilmu pengetahuan anak-anak usia dini selaku warga Negara Indonesia,” jelas Letkol Inf Ikhsanudin.

Seperti yang dilakukan personel Pos Fohululik, lanjut Letkol Inf Ikhsanudin, mereka berinisiatif untuk mengadakan wisata Wawasan Kebangsaan dengan memberikan ilmu pengetahuan tentang bentuk dan karakteristik batas-batas Negara secara terperinci kepada anak-anak usia dini.

Hal ini dilakukan dengan tujuan, untuk memberikan pengetahuan tentang perlunya kita menjaga perbatasan kepada anak-anak usia dini.

Terpisah, kepala sekolah SD Inpres Fohululik, Ibu Maria H. K Olo Bau mengapresiasi kegiatan wisata kebangsaan yang dilalukan Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersama anak-anak SD.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI, yang mana telah ikut andil dalam mencerdaskan siswa-siswi SD Inpres Fohululik, dalam rangka memberikan Wawasan Kebangsaan tentang ilmu pengetahuan tentang batas-batas Negara,” ungkapnya

Songki Bere, salah satu siswa SD Inpres Fohululik yang ikut dalam wisata kebangsaan mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada personel Satgas Pamtas, yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-teman kelasnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang telah memberikan ilmu kepada kami, sehingga kami bisa tahu dan mengerti nama-nama batas Negara yang ada di perbatasan seperti CBDRF, BSP dan PBN,” ucap Songki.[*]

voxntt