21 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Foto - Dok BatasNegeri

Bertandang ke Desa Bungur, MPPI Serahkan Aneka Bantuan

BatasNegeri – Menjelang akhir tahun 2019, Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) Pusat kembali berkunjung ke wilayah perbatasan. Kali ini MMPI menyambangi Desa Bungur Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Tak lupa, MPPI menyerahkan sekadar bantuan kepada masyarakat Desa Bungur peralatan sekolah, bola, baju olahraga dan peralatan kesehatan. Penyerahan bantuan dilakukan Benny, selaku Ketua Harian MPPI Pusat, Rabu (20/11/2019).

Benny mengatakan, kunjungan itu bertujuan untuk melihat dari dekat kondisi riil wilayah dan masyarakat perbatasan, tertinggal dan terluar di Pulau Rangsang, Desa Bungur. “Kedatangan kami ini sekaligus memberikan bantuan barang baik di SDN 5 Bungur, pemuda setempat dan poskesdes di Desa Bungur, dan ini sangat diapresiasi masyarakat desa setempat,” ujar Benny.

Penyerahan bantuan kepada SDN 5 Bungur (dok. batas negeri)

Kedatangan Benny dan para volunteer MMPI Pusat ke Pulau Rangsang didampingi Koordinator Wilayah (Korwil MPPI) Provinsi Riau, Iwan. Iwan mengatakan, masyarakat Pulau Rangsang merespon positif kunjungan tersebut. “Alhamdulillah, kegiatan yang kami gelar ini sangat diapresiasi dan disambut antusias oleh Pemerintah Desa dan masyarakat setempat,” ungkap Iwan, Kamis (21/11/2019).

MPPI hadir di daerah perbatasan sebagai penyambung lidah rakyat. Hal ini selaras dengan program Nawacita Jokowi untuk membangun wilayah terdepan dan terluar. MPPI siap menampung semua aspirasi warga perbatasan dan tentunya akan disampaikan kepada kementrian-kementrian terkait untuk ditindaklanjuti.

“Karenanya, kami berharap ketika kami turun ke lapangan banyak yang disampaikan atas keluhan baik para guru, masyarakat setempat tentang abrasi, air bersih dan insfratruktur dan insyaallah kami tampung dan nanti kami sampaikan ke kementerian terkait yang membidangi,” imbuh Beny.

Foto bersama guru dan murid di SDN 5 Bungur (dok. batas negeri) Ketua Devisi Nasionalisme MPPI Pusat, Mas Pupung mengatakan bahwa kedatangan tim MPPI ke perbatasan juga bertujuan untuk memupuk dan memperkokoh rasa nasionalisme yang sudah ada dan memperkenalkan para pahlawan yang telah gugur dalam perperangan.

Salah satu perwakilan masyarakat Desa Bungur, Rino menyampaikan rasa terimakasihnya atas kesediaan rombongan MPPI berkunjung ke Desa mereka. Menurut Rino kegiatan ini sangat positif dan penting bagi mereka, karena bisa menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi mereka ke pemerintah pusat.

“Kami dari perwakilan masyarakat sangat apresiasi sekali dan berterimakasih karena telah memberikan bantuan kepada anak-anak sekolah kami, pemuda dan ke poskesdes dan juga kami berharap kedepannya MPPI ini bisa datang ke desa kami lagi dan kami akan sambut dengan antusias,” ungkapnya.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan ini, Perwakilan Pemdes Bungur Romi, Ketua MPPI Pusat Benny, Ketua Devisi Nasionalisme MPPI Mas Pupung, Dayat bersama rombongan. Korwil MPPI Riau Iwan dan para majelis guru SDN 5 Bungur dan Ketua Pemuda Desa Bungur.[*]