17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

ilustrasi-ANtara

Kapal Ikan Terbakar di Perairan Perbatasan RI-RDTL

BatasNegeri – Sebuah kapal ikan hangus terbakar di Pantai Temkuna, Kabupaten Timor Tengah Utara, tepatnya di perairan Nusa Tenggara Timur (NTT), perbatasan dengan Timor Leste, Selasa (28/7/2020). Asap hitam membubung tinggi dari bodi kapal yang hangus terbakar.

Penyebab kebakaran kapal tersebut belum diketahui. Detik-detik saat kapal tersebut terbakar terlihat dalam rekaman video amatir warga. Tiupan angin yang kencang membuat api terus berkobar dari kapal yang terbakar di Pantai Temkuna, Desa Humusu Wini.

Seluruh bodi kapal hangus. Bahan pukat, mesin kapal dan mesin genset yang berada di atas kapal nahas it upun tak dapat diselamatkan karena api dengan cepat menyebar.

Kepala Dinas Perikanan Timor Tengah Utara mengatakan, kapal tersebut milik dinas yang sedang dikontrakkan kepada salah satu nelayan di desa itu. “Nilai kontraknya Rp25 juta setiap tahun,” kata Marselina Sumu, Selasa (28/7/2020).

Marselina mengatakan, kapal tersebut merupakan satu dari tujuh unit lainnya pengadaan tahun 2015 silam dengan harga per unit mencapai Rp600 juta. Panjang fisik kapal 13 meter dan lebar kapal 3,5 meter.

Untuk memastikan penyebab kebakaran kapal, pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian setempat. Sementara kerugian yang diderita Dinas Perikanan Timor Tengah Utara ditaksir mencapai Rp500 juta.

“Estimasi kami sebesar itu karena kapalnya memang terbakar habis. Soal penyebab kebakaran, kami masih menunggu penyelidikan kepolisian,” ujarnya. (inews)