23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

KASAL Cek Keberadaan Patok Batas di Sebatik

BatasNegeri – Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta rombongan yang didampingi Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto meninjau langsung situasi perbatasan Sebatik (RI)-Tawau (Malaysia). Dalam kegiatan tersebut, KASAL menggunakan KAL Mamburungan Lantamal XIII Tarakan dan Sea Reader Lanal Nunukan, pada Selasa (11/8/2020).

Bersama rombongan, kunjungan KASAL diawali dengan peninjauan di Tugu Perbatasan Patung Garuda Sebatik yang dilanjutkan ke Patok 3 di perbatasan RI-Malaysia, tepatnya di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam kunjungan di pulau Sebatik tersebut, KASAL juga meninjau Pos TNI AL (Posal) Sei Pancang dan Satrad CSS (Coastal Surveillance Station), serta Pos Pamtas Sei Pancang yang memiliki tugas pengawasan dan pengamanan terhadap lalulintas laut dan keluar masuk lintas batas RI-Malaysia.

Selanjutnya, KASAL juga berkunjung ke Kotis Satgasmar Ambalat-20 dibawah Kodal Komandan Guspurla Koarmada II, dan berkesempatan bertatap muka serta memberikan pengarahan kepada seluruh Prajurit.

“Jaga diri dan bangun sinergitas dengan pihak lain, baik TNI, Polri, Aparat Pemerintah dan tokoh masyarakat untuk saling bahu-membahu membangun wilayah ini. Tugas kalian adalah tugas mulia. Kehormatan bangsa dan negara di wilayah perbatasan ada di tangan kalian,” ujar KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam press release yang diterima Faktual.Net pada Rabu, (12/8/2020).

Pada akhir kunjungannya, KASAL turut meninjau langsung Rumah Dinas (Rumdis) TNI AL Sutanto yang berada di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan Provinsi Kaltara. (faktual)