27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Panglima TNI Beri Penghargaan Bagi Prajurit TNI Penjaga Perbatasan RI-PNG

BatasNegeri – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan menyematkan secara simbolis tanda kehormatan kepada 10 perwakilan prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw. Upacara penyematan akan dilaksanakan di Ruang Hening, Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (13/8/2020).

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan (Kabidpenum Puspen) TNI Letkol TNI Sus Aidil mengatakan, penganugerahan tersebut berdasarkan surat Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 19/TK/Tahun 2020. Menurutnya, penganugeragan tersebut lantaran mereka telah menyelesaikan tugasnya menjaga perbatasan Indondesia dan Papua Nugini dalam keadaan baik.

“Berdasarkan surat keputusan tersebut, sebanyak 450 personel prajurit Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw yang berada di bawah jajaran Kodam III Siliwangi mendapatkan penganugerahan Satya Lencana Wira Dharma setelah selesai melaksanakan tugas negara yaitu tugas operasi pengamanan perbatasan RI-PNG Sektor Utara TA 2020 Kabupaten Keerom Jayapura dalam keadaan baik,” ujarnya.

Penganugerahan tanda kehormatan ini, kata Aidil diberikan sebagai penghargaan kepada prajurit TNI yang telah bertugas dan mendarmabaktikan diri untuk pengamanan perbatasan NKRI paling singkat 90 hari secara terus menerus. Jika tidak 90 hari secara terus menerus, maka 120 hari dalam satu kali penugasan.

“Batalyon ini di bawah kepemimpinan Komandan Batalyon Letkol Inf Ary Sutrisni telah berhasil melaksanakan tugas oengamanan wikayah perbatasan selama kurang lebih 12 bulan terhitung dari bulan Agustus 2019 sampai bulan Juli 2020,” ujarnya.

Dia menuturkan, selama penugasan pengamanan perbatasan negara, Batalyon ini telah mampu melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat. Adapun prestasi yang dicapai oleh Batalyon tersebut antara lain, menerima penyerahan 2 pucuk senjaga rakitan dan penyerahan amnunisi kaliber 5,56 sebanyak 80 butir dari masyarakat serta mengamankan penjualan BBM ilegal yang tidak dilengkapi dokumen resmi.

“Juga berhasil menyita narkotika berupa ganja siap edar serta menghancurkan lahan ganja milik warga setempat yang ditanami 300 batang pohon ganja,” katanya.

Aidil menuturkan, 10 Perwakilan Prajurit TNI yang mendapatkan penyematan tanda penghargaan secara simbolis dari Panglima TNI terdiri 5 Perwira, 2 Bintara, dan 3 Tamtama. Berikut 10 nama prajurit TNI tersebut:

1. Letkol Inf Ary Sutrisno (Komandan Batalyon),

2.Kapten Inf Andhika Hutabarat.

3. Lettu Inf Dody Suyono.

4. Lettu Inf Hartono.

5. Lettu Inf Dzaky Fariz N.

6. Sertu Dadan A.H.

7. Serda Deni Indolaras.

8. Kopda Yuki W.

9. Kopda Rasuka.

10. Praka Eka Yulian.