23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Polda Kalbar Musnahkan Narkoba Hasil Tangkapan di Perbatasan RI-Malaysia

BatasNegeri – Polda Kalimantan Barat memusnahkan ratusan gram narkotika jenis sabu dan ganja yang masuk ke Indonesia melalui jalur tikus perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Total ada sebelas orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

“Pengungkapan sebelas pelaku terjadi saat petugas di lapangan mendapat informasi adanya penyelundupan di wilayah perbatasan,” kata Diresnarkoba Polda Kalbar, Kombes Yohanes Purnomo saat merilis perkara di Mapolda Kalbar, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, sejumlah lokasi di perbatasan Indonesia-Malaysia memang menjadi jalur penyelundupan narkoba dari luar negeri. Banyaknya jalur tikus di perbatasan membuat aparat kesulitan memberantas sindikat jaringan narkoba lintas negara.

“Kita tidak bisa hindari ini terjadi di perbatasan dengan Malaysia,” tuturnya.

Dia menambahkan, dalam pengembangan kasus berikutnya, beberapa tersangka penyelundupan narkoba lintas negara itu juga ditangkap di Pontianak. Dari 11 orang yang ditangkap ada empat orang perempuan yang terlibat.

Dalam pengungkapan jaringan penyelundup narkoba ini, Polda Kalbar juga berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalbar untuk membongkar jaringan penyelundupan.

“Kita terus bersama dengan BNNP berkoordinasi untuk mengungkap ini,” katanya.

Setelah mengungkap penyelundupan narkoba lintas negara ini, Polda Kalbar juga melakukan pemusnahan barang terlarang tersebut dengan cara dibakar menggunakan mobil incenerator di halaman Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar. (inews)