27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Foto-tribunnews

Menteri KKP Tinjau Potensi Perikanan di Oesina

BatasNegeri – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo didampingi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Jumat (28/8/2020) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke lokasi Ekowisata Pantai Oesina, Desa Lifuleo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, untuk melihat potensi kelautan dan perikanan yang ada di NTT.

Pada kesempatan itu, Edhy Prabowo mengatakan, Provinsi NTT dapat menjadi provinsi yang unggul dan kaya dibanding provinsi yang lain, apabila secara maksimal memanfaatkan potensi kelautan dan perikanan yang ada.

“Kita tahu sendiri bahwa NTT ini wilayah lautnya luas,  dan pulaunya banyak. Tapi, kita lihat belum optimal di dalam pengelolaannya. Saya melihat ini sebagai peluang besar yang harus kita tangkap. Kami yakin dengan pembangunan yang dimulai dari laut, ekonomi masyarakat NTT akan berkembang dengan sangat baik,” pungkas Menteri Edhy.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa untuk meningkatkan pemanfaatan potensi tersebut, maka akan dibangun Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang nantinya memiliki fungsi dalam peningkatan produksi mulai dari budidaya serta pengolahan benih-benih, baik itu benih ikan laut seperti kerapu, rumput laut, koral, udang  dan benih lobster.

Ia menambahkan, dengan adanya sekolah khusus / Politeknik Kelautan dan Perikanan yang sudah ada di NTT diharapkan dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terdidik.

“Sebagai salah satu langkah penting yang kita lalukan, maka melalui sekolah Poltek Kelautan dan Perikanan ini saya harapkan anak-anak kita di NTT dapat bersekolah di sini, sehingga permasalahan terkait SDM dapat kita selesaikan,” paparnya.

Diakhir sambutannya, Menteri Edhy tidak lupa memuji semangat kepemimpinan Gubernur Viktor Laiskodat  dalam upaya meningkatkan berbagai sektor pembangunan, khususnya di bidang kelautan dan perikanan demi kemajuan masyarakat NTT.

“Saya percaya, NTT di bawah kepemimpinan Gubernur VBL akan cepat berkembang, karena semangatnya itu adalah modal kami untuk terus memperjuangkan wilayah ini di sektor kelautan dan perikanan. Kami siap membantu Gubernur NTT membangun NTT ini,” tutup Mantan Ketua Komisi IV DPR RI tersebut.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis dari Menteri Kelautan dan Perikanan serta Gubernur NTT kepada perwakilan kelompok masyarakat berupa benih rumput laut, penyerahan beasiswa pendidikan kepada taruna/i Politeknik Kelautan dan Perikanan, serta penyerahan bantuan CSR kepada kelompok Sadar Wisata Desa Lifuleo.[*]