14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI di Perbtasan Kalbar Berikan Pendidikan Agama untuk Anak-Anak Desa

BatasNegeri – Keberadaan personel TNI, khususnya Satgas TMMD di daerah perbatasan, tepatnya Desa Tirta Karya, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalbar, tak hanya fokus pada pembangunan fisik. Mereka juga melakukan banyak program non fisik untuk membantu masyarakat setempat.

Salah satunya yang tampak baru-baru ini adalah memberikan pendidikan agama pada anak-anak di Desa Tirta Karya, Kabupaten Sintang, dengan mengajar mengaji. Hal ini dilakukan oleh personel Satgas TMMD 109/Sintang, Koptu Syahdan Shaleh.Disela kesibukannya, Koptu Syahdan Shaleh yang juga sebagai petugas medis dalam Satgas TMMD 109/Sintang, harus melewati sungai dengan menggunakan perahu bersama dengan anak-anak untuk menuju Masjid Al-Mustaqin tempat mereka mengaji.Koptu Syahdan Shaleh mengungkapkan, apa yang dilakukannya ini untuk memotivasi anak-anak serta para orang tua di Desa Tirta Karya agar mereka lebih giat lagi dalam memperdalam ilmu agama. “Sehingga kelak mereka ketika sudah dewasa memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya, Senin (28/9).

Ia mengaku, senang bisa berbagi ilmu dengan masyarakat setempat. Ia juga berharap apa yang dilakukannya bisa bermanfaat, sehingga anak-anak Desa Tirta Karya semakin lancar mengaji. ADVERTISEMENT

Selama pelaksanaan TMMD di Desa Tirta Karya, Satgas TMMD 109/Sintang selalu mendekatkan diri dengan masyarakat. Kapanpun dan di manapun anggota Satgas TMMD berada, mereka selalu menyempatkan diri untuk sekedar bertegur sapa dan bersilaturahmi dengan warga.Sementara itu, Anggota Satgas TMMD 109/Sintang, Kopda Riyan mengatakan, bahwa dirinya bersama anggota lainnya sering kali diundang untuk mampir ke rumah warga untuk sekedar minum kopi dan bercengkerama. “Ini merupakan kebanggan kami sebagai anggota Satgas TMMD karena telah berhasil melakukan pendekatan terhadap rakyat. Sehingga rakyat tidak segan-segan lagi terhadap kami. Ini juga untuk memperkuat persaudaraan antara TNI dan rakyat,” ungkap Serda Habel. (kumparan)