14 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Suasana Perayaan Dirgayahyu TNI Ke-75 di aula Makodam VI Mulawarman Balikpapan, Senin (05/10/2020)

Dengarkan Laporan TNI di Wilayah Perbatasan, Ini Kata Presiden Joko Widodo

BatasNegeri – Dalam acara perayaan Dirgahayu TNI ke-75, Presiden RI, Joko Widodo menyapa masing-masing kesatuan tugas di seluruh indonesia melalui platform daring.

Dari Istana Negara, Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin.

Joko Widodo mendengar laporan dari masing-masing kesatuan, khususnya dari kesatuan yang bertugas di perbatasan negara termasuk perbatasan Papua.

Masing-masing kesatuan menegaskan bahwa perbatasan negara sejauh ini aman dan terkendali, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh rakyat.

“Terima kasih sudah menjalankan tugas meskipun yang kalian emban itu berat. Terima kasih dan selamat bertugas,” ucap Joko Widodo.

Pandemi boleh jadi belum usai. Namun peringatan HUT ke-75 TNI tetap wajib disemarakkan. Meskipun secara daring, upacara peringatan bertema Sinergi untuk Negeri tetap diselenggarakan, Senin (5/10/2020).

Kegiatan yang berlangsung di aula Makodam VI Mulawarman Balikpapan ini dimulai sekitar pukul 09.45 WITA. Di ikuti sejumlah 45 aparatur dan di saat bersamaan dilangsungkan juga di Istana Negara, dimana Presiden RI, Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Secara teknis, upacara dilakukan tetap berdasarkan protokol kesehatan. Sehingga masing-masing aparatur diberi jarak dan menghadap pada layar yang telah disediakan.

Prosesi acara dimulai dengan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Kemudian sekira pukul 10.15 WITA, Joko Widodo memberikan sambutan.

“Hari ulang tahun TNI bukan hanya dirayakan TNI dan jajarannya, tapi juga segenap rakyat Indonesia,” ujar Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Ia mengungkapkan bahwa TNI harus cepat beradaptasi dalam pergerakan dunia yang sangat dinamis. Itu bisa dicapai melalui transformasi teknologi militer. Disamping itu, perlu didukung pula sinergitas antara TNI dan banyak institusi.

Dengan begitu, kekuatan TNI, sambung Joko Widodo, akan menjadi kekuatan negara yang mampu mengatasi ancaman luar.

“Terimakasih untuk TNI dalam partisipasinya dalam menjaga negara, baik itu untuk aksi-aksi sosial maupun pendisiplinan selama pandemi. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia,” tutupnya dalam sambutan.[tribunnews