13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

9 Cekungan Migas Indonesia di Wilayah Perbatasan

BatasNegeri – Di tengah kondisi kebutuhan energi fosil (minyak dan gas) masih tinggi dengan cadangan energi negara terbatas membuat setiap Negara harus bisa memanfaatkan potensi dan kekayaan alam yang ada. Tidak sedikit di Dunia ini, permasalahan kekayaan alam menjadi topik utama terjadinya ketegangan geopolitik suatu negara dengan negara lainnya.

Dengan kondisi geologi negara Indonesia yang kompleks dan kaya akan sumber daya alam. Indonesia memiliki setidaknya 9 Cekungan berpotensi yang letaknya terluar dan terdepan sehingga bersinggungan langsung dengan perbatasan negara lain. Apa saja daftarnya ? berikut ulasannya:

Cekungan North Sumatera

Cekungan sedimen ini berada di Sebagian daratan Pulau wilayah administrasi Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh serta laut lepas di Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan Wilayah Negara Malaysia dan Thailand. Saat ini Cekungan North Sumatera telah terbukti ditemukan cadangan hidrokarbon dan sudah ada kegiatan produksi di beberapa Wilayah Kerja (WK).

Cekungan Central Sumatera dan Sebagian South Sumatera

Cekungan sedimen ini berada di Sebagian daratan Pulau wilayah administrasi Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi serta laut lepas di Selat Malaka dan Peraian Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan Wilayah Negara Malaysia dan Singapura. Saat ini Cekungan ini telah terbukti ditemukan cadangan hidrokarbon serta terus dilakukan Eksplorasi dan sudah ada kegiatan produksi di beberapa Wilayah Kerja (WK).

Cekungan West Natuna dan East Natuna

Cekungan sedimen yang berada di Perairan Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau serta berada di sekitar perairan Laut Cina Selatan yang menjadi rebutan dan menimbulkan ketegangan antar negara di kawasan tersebut seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Tiongkok.

Cekungan Kutai dan Ketungau

Cekungan Kutai merupakan cekungan yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dari Pedalaman Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia hingga perairan Selat Makassar. Cekungan Kutai telah terbukti menghasilkan Hidrokarbon.Cekungan Ketungau berada di Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan daratan Negara Malaysia. Cekungan ini belum dilakukan eksplorasi.

Cekungan Tarakan

Cekungan Tarakan merupakan cekungan yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dari Pedalaman Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia hingga perairan Laut Sulawesi. Cekungan Tarakan telah terbukti menghasilkan Hidrokarbon dan terdapat beberapa wilayah kerja.ADVERTISEMENT

Cekungan Minahasa

Cekungan sedimen ini berada di Laut Sulawesi, Perairan Provinsi Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan perairan Negara Filipina. Cekungan ini belum dilakukan kegiatan eksplorasi.

Cekungan Timor dan Sawu

Cekungan Timor ini berada di perairan Laut Timor, Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste dan Perairan Australia. Cekungan Timor telah ditemukan hidrokarbon tetapi belum dilakukan kegiatan produksi.Sedangkan, Cekungan Sawu berada di perairan Laut Sawu, NTT yang berbatasan dengan perairan negara Timor Leste. Cekungan Sawu telah dilakukan kegiatan eksplorasi namun belum ditemukan penemuan hidrokarbon.

Cekungan Tanimbar dan Palung Aru

Cekugan ini berada di perairan Laut Arafur di Provinsi Maluku yang berbatasan langsung dengan perairan Timor Leste maupun Australia.

Cekungan Sahul

Cekungan sedimen ini berada di Provinsi Papua di sekitar Merauke yang berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea. Cekungan ini telah dilakuan kegiatan eksplorasi namun belum ditemukan hidrokarbon. (kumparan)