27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Indahnya Pulau Pastofiri, Pulau Tanpa Pasir di Halmahera Barat

BatasNegeri – Pulau Pastofiri adalah salah satu pulau di Halmahera Barat yang indah dan cantik menawan. Disebut tanpa pasir lantaran pulau ini daratan yang tersusun dari kepingan karang mati yang terbawa oleh arus. Dalam bahasa lokal, ‘pastofiri’ artinya pasir yang berlari. 

Kendati tidak ada pasir putih dan lembut di kaki untuk berpijak namun pulau dengan luas tidak lebih dari 1 km persegi ini tak kehilangan keelokannya. Selalu ada hal menarik lain yang bisa dinikmati kalau kamu berkunjung ke pulau ini.

Dari ini, kamu bisa melihat secara jelas pemandangan Gunung Gamalama, Pulau Tidore, Pulau Halmahera. Juga tempat lainnya di sekelilingmu yang begitu memesona.

Pulau ini terletak berjejer di antara Jailolo (ibu kota Kabupaten Halmahera Barat) dan Kota Ternate di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu pulau tanpa melakukan aktivitas wisata bahari. Di sini kamu bisa menyelam atau snorkeling.

Perlu kamu ketahui, Pulau Pastofiri ini adalah salah satu titik penyelaman terbaik di Halmahera Barat.

Kamu dapat melihat betapa beningnya air laut di sekitar pulau. Air lautnya sejernih kaca atau kristal. Sinar matahari bisa menembus sampai kedalaman delapan meter.

Snorkeling atau menyelam ke kedalaman, kamu akan disguhukan dengan aneka ragam terumbu karang dan ikan berwarna-warni.

Pulau Pastofiri belum banyak dijamah oleh wisawatan. Namun kamu akan mendapati fasilitas tersedia, seperti toilet dan tempat berteduh (gazebo).

Yang perlu kamu bawa adalah makanan dan minuman secukupnya. Karena kamu tidak akan menemui penjual makanan dan minuman.

Menurut kabar di berbagai media, pemerintah setempat sedang berupaya untuk menanam lebih banyak tanaman ketapang di pulau. Tujuannya agar ada tempat berteduh bagi para pengunjung.

Selain duduk-duduk, rebahan, snorkeling dan diving, menyaksikan matahari terbenam dari sini adalah sebuah hiburan yang akan memberikan kenangan indah.

Untuk bisa sampai di pulau kecil ini, kamu dapat menuju dermaga Pelabuhan Jailolo untuk memulai perjalanan. Kemudian, sambung perjalanan dengan menyewa speedboat atau kapal cepat untuk sampai ke tempat ini.