27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Mengenal Kalimantan, Pulau Terbesar ke Tiga di Dunia

BatasNegeri Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia berdasarkan situs britannica.com, dan berbatasan dengan negara lain seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, hingga Papua Nugini.

Namun ada satu wilayah di Indonesia yang berbatasan langsung dan berada dalam satu daratan dengan negara tetangga.

Wilayah ini yaitu, pulau Kalimantan dan kawasan Serawak serta Sabah yang merupakan bagian dari negara Malaysia.

Seperti yang terlihat di peta Sarawak berbatasan darat dengan provinsi Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, sedangkan negara bagian Sabah berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara.

Perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia membentang sepanjang, 2.019 km dari Tanjung Batu di Kalimantan barat laut, melewati dataran tinggi pedalaman Kalimantan, hingga ke Teluk Sebatik dan laut Sulawesi di sebelah timur Kalimantan.

Perbatasan ini memisahkan provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat di Indonesia dengan negara bagian Sabah dan Serawak di Malaysia.

Perbatasan wilayah antara Indonesia dan Malaysia di teritorial ini sempat menyebabkan adanya sengketa, yaitu di pulau Sebatik dimana kedua negara melakukan klaim bahwasannya pulau Sebatik merupakan bagian dari Malaysia dan Indonesia.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Dwi Ambarina Rita Kadarsih dan Kawan kawannya dalam jurnal yang berjudul “Legal Status of MoU Determining The Limits of The Territory Area Between Indonesia and Malaysia” terjadi perbedaan penafsiran dan pemanfaatan perjanjian Batas yang dibuat oleh Kolonial (Belanda dan Inggris Raya), dalam menentukan titik perbatasan wilayah di Pulau Sebatik.

Indonesia menggunakan ketentuan konvensi 1891 dan Malaysia menggunakan ketentuan konvensi 1915.

Secara umum kondisi geografis pulau Kalimantan berdasarkan peta terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan barat Pulau Sulawesi. Bentang Alam seperti sungai sangat banyak ditemukan di pulau ini tak heran mengapa Kalimantan dijuluki sebagai Pulau Seribu Sungai.

Terdapat beberapa sungai-sungai besar dan panjang, salah satunya yaitu sungai Kapuas dengan panjang mencapai 1143 km yang terletak di Kalimantan Barat.

Selain sungai Kapuas ada juga sungai Barito yang panjangnya 890 Km yang berada di Kalimantan Tengah, dan sungai Mahakam dengan panjang 980 km yang berada di Kalimantan Timur.

Dimasa kepemimpinan presiden Joko Widodo ditetapkan beberapa wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia untuk dibangun pos-pos yang berfungsi memberikan pelayanan di bidang keimigrasian, kepabeanan, karantina, keamanan dan administrasi pengelolaan. Saat ini terdapat 18 Pos Lintas Batas Negara (PLBN), di masing-masing daerah dimana tujuh diantaranya berbatasan dengan Malaysia

  1. PLBN Aruk, Sambas – Kalimantan Barat
  2. PLBN entikong, Sanggau – Kalimantan Barat
  3. PLBN Serasan, Natuna – Kepulauan Riau
  4. PLBN jagoi Babang, Bengkayang – Kalimantan Barat
  5. PLBN Sei Kelik, Sintang – Kalimantan Barat
  6. PLBN Sei Nyamuk, Nunukan – Kalimantan Utara
  7. PLBN Labang, Nunukan – Kalimantan Utara
  8. PLBN Long Midang, Nunukan – Kalimantan Utara
  9. PLBN Long Nawang, Malinau – Kalimantan Utara. [*]