27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Papua Berhasil Selenggarakan PON Tersulit

BatasNegeri – Wakil Presiden (Wapres) Indonesia, Maruf Amin, menyebutkan penyelenggan PON XX Papua 2021 sebagai yang tersulit sepanjang sejarah. Meski begitu, PON XX Papua 2021 akhirnya bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Menurut Maruf Amin, ada beberapa hal yang membuat penyelenggaraan PON XX Papua tidak mudah. Pertama, pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif dengan standar dan kualitas internasional.

Kedua, lokasi penyelenggaraan atau venue sangat tersebar di Papua. PON XX Papua 2021 diketahui digelar di Jayapura, Mimika, dan Merauke.

“Jarak antara satu venue dengan yang lain merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini,” ujar Maruf Amin saat menutup PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Kemudian yang ketiga, PON XX ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Hal ini menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

“Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan,” jelas Maruf Amin.

Meskipun sulit, Maruf menilai Papua berhasil sukses menggelar event olahraga nasional ini. Hal ini sebagaimana semboyan PON, yakni Torang Bisa.

“Tapi ternyata, warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, tapi ternyata warga Papua berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa! Torang bisa bukan hanya semboyan, tetapi nyata dan terbukti,” jelas Maruf Amin.

PON XX Papua 2021 telah resmi ditutup pada Jumat (15/10/2021) sore WIB. Penutupan ini dilakukan usai dua pekan berlangsung. Jawa Barat dipastikan menjadi juara umum PON XX Papua 2021 usai menyabet 113 medali emas, 105 perak, dan 115 perunggu. (okezone)