13 April 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI Layani Pengobatan Gratis untuk Warga Perbatasan

BatasNegei – Masih dalam rangkaian memeriahkan HUT TNI ke-76 tahun 2021, Pos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma atau gratis, dilanjutkan dengan kegiatan bhakti sosial berupa pemberian sembako dan layanan kesehatan kepada warga di Kampung Waorkwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Jumat 15 Oktober 2021.

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar menjelaskan kegiatan bhakti sosial dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan untuk mendekatkan prajurit Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista kepada masyarakat, termasuk juga memberikan perhatian khusus kepada seluruh warga yang berada di Kampung Workwana yang merupakan kampung dekat dengan perbatasan Negara RI-PNG.

“Kami berharap, dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh personel Satgas TNI, permasalahan tentang kesehatan atau kesulitan masyarakat Kampung Workwana dapat terbantu dengan adanya kegiatan bhakti sosial berupa pembagian sembako dan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dan digagas oleh personel Pos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista,” ucap Dansatgas.

Ditempat terpisah, Dokter Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Ckm dr. Kristia Yudha Bayu M yang memimpin langsung kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa atas kerja sama yang baik antara Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout dengan Dinas kesehatan Kabupaten Keerom.

Dalam kegiatan ini, warga yang berobat juga diberikan sembako. TNI di perbatasan Papua menyediakan sejumlah layanan kesehatan berupa check up atau pemeriksaan kesehatan fisik kepada warga, pemberian vitamin, pemberian obat gratis hingga pembagian makanan bergizi untuk warga Kampung Workwana.

“Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dapat membantu masyarakat kemudian komunikasi dan silaturahmi antara kami Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, dan Dinas kesehatan Kabupaten Keerom dengan warga Kampung Workwana dapat terjalin dengan baik dan semoga kehadiran kami dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Bayu.

Tujuan utama dari kegiatan yang dilakukan pada bhakti sosial kesehatan ini adalah mengatasi keluhan kesehatan masyarakat yang dominan, seperti masyarakat yang mengalami sakit malaria, nyeri pada bagian sendi dan penyakit kulit yang disertai gatal-gatal sedangkan kepada anak-anak kebanyakan mengalami batuk pilek serta perlu tambahan makanan bergizi.

Sementara itu, salah satu warga Kampung Workwana bapak Frengki Awom (40) mengucapkan terima kasihkepada Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kout yang telah membantu masyarakat wilayah perbatasan khususnya Kampung Workwana dalam memberikan pelayanan kesehatan dan sembako, selain itu juga mengajak masyarakat bersama-sama bersinergitas dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG.

“Kami sangat berterimakasih sekali atas kesudian dari Satgas Yonif 403 Pos Kout yang telah datang membantu warga kampung kami, kami sangat tulus mengucapkan terimakasih atas bantuan bhakti sosial khususnya untuk pelayanan kesehatan dengan bantuan sembako untuk masyarakat kampung kami, sebagai masyarakat kami sangat menyambut gembiran dan senang sekali,” tutur Frengki. (kabarpapua)