1 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Warga Serambakon, Penbin-Papua

Ratusan Warga Kembali ke Distrik Serambakon Papua Usai Gangguan KKB

BatasNegeri – Sekitar 300 warga Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, kembali ke distrik tersebut usai sebelumnya sempat mengungsi pasca gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).
Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Tommy Yudistyo mengatakan masyarakat telah kembali ke kampungnya di Distrik Serambakon pada Senin (16/10/2023) dengan didampingi oleh aparat TNI-Polri dan Pemda.

“Kodim 1715/Yahukimo bersama Polres Pegunungan Bintang dan juga Pemerintah Daerah terus berupaya untuk memulihkan kondisi keamanan di wilayah Serambakon,” kata Tommy dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10/2023).

Ia menjelaskan salah satu upaya pemulihan keamanan yang dilakukan adalah menggelar operasi keamanan intensif seperti patroli rutin dengan melibatkan personel TNI, Polri serta unsur intelijen.

Tommy mengatakan hal itu dilakukan untuk membongkar jaringan teror, mengamankan situasi di wilayah Serambakon dan mencegah adanya gangguan baru.

“Kami juga aktif dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pemulihan. Dengan mengadakan pertemuan dengan pemimpin masyarakat dan tokoh agama untuk membahas langkah-langkah yang perlu diambil dalam membangun kembali rasa persatuan dan kebersamaan,” katanya.

Lihat Juga :

Satgas Cartenz Tangkap 3 Tersangka Pembunuh Aktivis Michelle Kurisi
Berdasar keterangan tertulis itu, dijelaskan bahwa Pemerintah Daerah Pegunungan Bintang juga memberi bantuan sembako kepada masyarakat.

Selain itu, Pemda juga mendukung perbaikan beberapa infrastruktur yang dirusak oleh KKB seperti rumah sakit, jembatan, jalan hingga sekolah.

Sebelumnya, sejumlah peristiwa terjadi di Distrik Serambakon. KKB dilaporkan membakar rumah dinas, pasar hingga kios warga.

Akhir September lalu, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz melumpuhkan lima orang anggota KKB yang dipimpin Ananias Ati Mimin di Distrik Serambakon.

“Setelah penyergapan, anggota menyisir kembali TKP dan ditemukan satu lagi anggota KKB tewas dan ditemukan satu senpi pendek. Jadi Total 5 orang KKB berhasil dilumpuhkan dan 3 senpi berhasil diamankan,” kata Ka Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol. Faizal Ramadhani melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/9).[*]

cnnindonesia.com