27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

DKP Aru Salurkan Bantuan Alat Tangkap Bagi Nelayan

BatasNegeri – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, menyalurkan bantuan alat tangkap bagi kelompok nelayan di Aru, Kamis (19/10/2023).

Bantuan yang disalurkan sebanyak 52 Longboat untuk nelayan tersebut diserahkan langsung oleh Kadis DKP Kepulauan Aru, A.L.O. Tabela di pantai Dusun Belakang Wamar, desa Durjela Kecamatan Pulau-Pulau Aru.

Kadis DKP A.L.O Tabela mengatakan bahwa penyerahan bantuan hari ini 32 unit jenis kedo-kedo bermesin tempel/tarik merek Honda beserta perlengkapan lainnya berupa cool box ukuran 100 liter.

“Sebelumnya, kita telah serahkan 20 unit Longboat bermesin 15 PK berserta perlengkapan pancing dan satu unit cool box ukuran 100 liter kepada 20 kelompok nelayan, sehingga total bantuan perikanan yang sudah kita serahkan berjumlah 52 unit,” ucapnya.

Tabela menyampaikan, selain 52 unit bantuan yang sudah di serahkan, masih terdapat empat unit bantuan lainnya yang belum serahkan, yakni kapal dengan kapasitas 4 GT.

Dijelaskan, empat buah kapal tersebut saat ini sementara dikerjakan di Ambon dan dipastikan sebelum akhir tahun ini semuanya sudah bisa diserahkan kepada kelompok penerima.

“Sehingga total bantuan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) berjumlah 56 buah bantuan. Karena saat ini 52 sudah diberikan dan sisa empat akan diberikan nantinya,” rinci Tabela.

Tabela juga berharap, bantuan-bantuan yang telah disalurkan tersebut dapat di pergunakan sebaik-baiknya oleh masing-masing kelompok usaha.

“Saya berharap, kedepannya manfaat dari bantuan tersebut dapat menambah pendapatan kelompok maupun keluarga, sehingga kesejahteraan nelayan di daerah kita ini perlahan-lahan akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik,” pintah Tabela.[*]

tribun-maluku.com