2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Duta Besar RI untuk Filipina, Agus Widjojo saat membuka acara promosi investasi Indonesia di Manila beberapa waktu lalu.

Melalui TEI 2023, Indonesia Dorong Kemitraan Menguntungkan dengan Filipina

BatasNegeri – Agus Widjojo, Duta Besar Indonesia untuk Filipina, memimpin kunjungan delegasi 42 pebisnis Filipina ke Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 di ICE BSD City, Indonesia pada 18-22 Oktober 2023. Dubes RI didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi dan Atase Perdagangan KBRI Manila.

Dubes Agus Widjojo mengatakan bahwa kunjungan delegasi bisnis Filipina ke TEI merupakan kesempatan baik untuk memperkuat hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara.

“Kami berharap dalam kunjungan ini, delegasi Filipina dapat bertemu dengan mitra dagang yang tepat dan menghasilkan kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan bagi Indonesia dan Filipina,” ucap Dubes Agus Widjojo, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Jumat, 27 Oktober 2023.

Lebih lanjut, KBRI Manila juga telah memfasilitasi pertemuan bisnis Gubernur Misamis Oriental dan delegasi Oro Chamber dengan calon mitra bisnis dari Indonesia seperti Tanivest, Adaro, PLN NP, PT. PPI dan PT. Pupuk Indonesia.

Pertemuan bisnis tersebut membahas berbagai peluang pengembangan kerja sama di bidang ekosistem, bahan bakar pembangkit listrik, jasa pelatihan, pembiayaan, pengadaan teknik dan konstruksi, dan lain sebagainya.

Di sela-sela kegiatan TEI ke-38, Duta Besar RI bersama Wakil Menteri Perdagangan Bapak Jerry Sambuaga telah menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) beberapa perusahaan Filipina dengan mitranya di Indonesia.

Perdagangan Indonesia-Filipina

Data KBRI Manila menunjukkan bahwa selama kegiatan TEI ke-38 berlangsung, terdapat potensi transaksi perdagangan sebesar USD913 juta. Indonesia merupakan mitra dagang terbesar ke-5 Filipina pada 2022, dan Filipina menduduki peringkat ke-9 sebagai mitra dagang Indonesia.

Filipina dapat dikatakan sebagai satu negara yang masyarakatnya yang paling setia kepada produk-produk Indonesia.

TEI ke-38 merupakan pameran perdagangan terbesar di Indonesia yang diikuti oleh pebisnis dari berbagai negara, termasuk Filipina. Acara ini berfungsi sebagai platform satu pintu untuk menghubungkan pasar global dengan produk-produk ekspor inovatif berkualitas tinggi dari Indonesia melalui kombinasi: Platform pameran Onsite (18 – 22 Oktober) dan Online (18 Oktober – 18 Desember) ke Pasar Global.

Selain kegiatan pameran dan perdagangan, TEI 2023 juga menawarkan kesempatan bagi para pembeli untuk memperluas jaringan bisnis dan investasi di Indonesia melalui forum perdagangan, seminar internasional, business counseling dan business matching.[*]

metrotvnews.com