2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pemuda Pemudi Rayakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Beberapa Wilayah Perbatasan Negara

BatasNegeri – Meski berada ditengah keterbatasan, ternyata tak menjadi penghalang bagi Satgas Pamtas Yonif 726/Tamalatea untuk menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda bersama instansi dan masyarakat lainnya.

Merauke

Di Papua, peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar di PLBN Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua pada Sabtu (28/10/2023).

Upacara yang dihadiri langsung oleh Dansatgas, Letkol Inf Anta Sihotang.S.sos., M.han itu, turut dihadiri Kepala PLBN Sota, Wadanramil dan Kapolsek Sota serta tokoh masyarakat kampung Sota.

“Upacara ini, diharapkan bisa dijadikan motivasi bagi generasi muda untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara,” ujarnya.

Dengan tema ” Bersama Majukan Indonesia” pada peringatan sumpah pemuda kali ini, Dansatgas berharap jika melalui upacara peringatan tersebut, diharapkan mampu menciptakan karakter generasi muda penerus bangsa yang handal dan tangguh yang berjiwa nasionalis dan patriotisme.

NTT

Di wilayah perbatasan RI-Timor Leste, kegiatan yang sama digelar di Pos Oepoli Tengah dan Pos Oepoli Pantai. Peringatan Sumpah Pemuda di wilayah ini dipimpin oleh Letda Kav Dynno Afrianto Bakri S.Tr (Han). Upacara ini diadakan yang ke-95 di SMA 1 Amfoang Timur bersama dengan rekan-rekan dari Polsek yang di wakili oleh Aipda Yuldan.

Danpos Oepoli Pantai Letda Kav Dynno Afrianto selaku Irup dalam upacara Hari Sumpah Pemuda berpesan agar upacara Hari Sumpah Pemuda sangatlah penting untuk mengembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme di kalangan siswa. Melalui peringatan ini, siswa dapat belajar dan mengapresiasi perjuangan para pemuda Indonesia dalam merebut kemerdekaan, serta menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi identitas Indonesia.

Seusai kegiatan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kepala Sekolah SMA 1 Amfoang Timur mengucapkan banyak Terimakasih kepada TNI-Polri karena telah ikut bersama-sama memperingati Hari Sumpah Pemuda di SMA 1 Amfoang Timur .

“Terimakasih karna telah memberikan banyak motivasi kepada Siswa SMA 1 Amfoang Timur harapan besar dari kepala sekolah , para murid dapat mengambil intisari dan petuah yang telah diberikan Irup” Ujarnya.

Bengkalis

Di Provinsi Riau, kegiatan yang sama digelar di Lapangan Tugu Bengkalis, Sabtu (28/10/2023), dipimpin Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso. Kegiatan ini dimeriahkan penampilan dari Andam Dewi Marching Band.

Dalam sambutan Menpora yang dibacakan oleh Wakil Bupati Bengkalis, mengatakan, setiap tanggal 28 Oktober peringatan Hari Sumpah Pemuda ini hendaknya dapat dijadikan momentum untuk mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Apalagi, lanjut Wabup Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama melalui inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

“Untuk itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat dengan strategi pamaka pada momen hari sumpah pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, organisasi kepemudaan, komunitas serta elemen – elemen lain untuk saling berkolaborasi dalam memajukan negeri,” ujar Wabup. [berbagai sumber]