2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Patkor RI-malaysia. Ilustrasi: Niaga.Asia

Satgas RI-Malaysia Cek Perbatasan, Kegiatan Patkor untuk Mencegah Aktivitas Ilegal

BatasNegeri – Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud 8/MBC bersama Pasukan Batalyon 22 RAMD Malaysia menggelar Patroli Terkoordinasi Seri II TA 2023 di wilayah perbatasan darat RI-Malaysia tepatnya di wilayah Sei Menggaris, Kalimantan Utara, Sabtu (4/11/2023).

Upacara pembukaan kegiatan patroli terkoordinasi (patkor) tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Letkol Arh Iwan Hermaya (Dansatgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC) bersama Letkol Zain Azrain Bin H Karia (Danyon 22 RAMD). Kegiatan patkor itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun oleh satuan TNI AD dan Tentara Diraja Malaysia (TDM) yang bertugas sebagai Pasukan Pengaman Perbatasan Darat RI-Malaysia. Mendasari kegiatan itu adalah risalah Unit Commander Meeting (UCM) yang dilaksanakan pada 11 Oktober 2023 di Markas 5 Briged Kota Kinabalu, Sabah.

Selain untuk mengetahui dan memeriksa batas-batas wilayah yaitu patok batas kedua negara, juga merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas prajurit, serta mempererat jalinan persahabatan dan kerja sama antar-kedua belah pihak.

Letkol Arh Iwan Hermaya menyampaikan, patkor juga bisa memberikan manfaat bagi kedua negara di wilayah yurisdiksi masing-masing dalam upaya melakukan pencegahan terhadap kegiatan ilegal. “Seperti illegal logging, illegal mining, human trafficking, pelintas batas ilegal, serta penyalahgunaan dan penyelundupan narkoba maupun barang ilegal lainnya,” ucapnya.

Sesuai rencana, katanya, kegiatan patkor itu dilaksanakan selama sembilan hari dengan start dari Pos Gabma Sei Menggaris Indonesia dan finis di Pos Serudong Malaysia. “Juga akan diakhiri dengan olahraga bersama dan karya bakti. Pelaksanaan kegiatan upacara pembukaan Patroli Terkoordinasi Seri II TA 2023 berjalan tertib dan aman,” pungkasnya.[*]

jawapos.com