27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Peringati Hari Pahlawan, Satgas Yonif 742 Patroli Patok dan Bentangkan Bendera Merah Putih

BatasNegeri – eringati Hari Pahlawan 10 November 2023, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY menggelar patroli patok batas negara sekaligus membentangkan bendahara merah putih.

Selain memastikan pilar batas negara RI dengan Timor Leste, aksi bentangkan bendera oleh prajurit Yonif 742/SWY libatkan warga, para pemuda dan pelajar serentak di 20 Pos Satgas yang tersebar di Kipam I, Kipam II dan Kipam III wilayah Kabupaten Belu dan Malaka.

“Peringati Hari Pahlawan tahun ini, serentak di 20 pos kita libatkan warga perbatasan melaksanakan patroli patok negara sekalian kibarkan dan bentangkan bendera merah putih di wilayah sepanjang garis perbatasan RI-RDTL Sektor Timur,” terang Dansatgas Yonif 742/SWY, Mayor Inf. Trijuang, Jumat (10/11/2023).

Tema yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional 10 November tahun ini adalah, “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Tema ini diusung agar para generasi sekarang dapat memaknai semangat para pahlawan dalam konteks hari ini dan masa depan.

Jelas Trijuang, patroli patok batas negara melibatkan warga perbatasan bertujuan agar anak bangsa memahami batas patok negara perbatasan antara Republik Indonesia dengan Timor-Leste tetap memiliki semangat kepahlawanan, rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Selain itu, momen peringatan Hari Pahlawan ini masyarakat khususnya generasi muda penerus bangsa tergerak hatinya untuk membangun negeri salah satunya adalah bersama TNI menjaga Patok Batas Negara demi kedaulatan wilayah NKRI.

“Aksi pengibaran dan pembentangan bendera merah putih di patok perbatasan adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap para pahlawan yg telah berjuang mengorbankan jiwa dan raganya untuk NKRI. Juga menanamkan jiwa kepahlawanan kepada generasi mudah untuk rela berkorban demi bangsa dan negara seperti para pahlawan-pahlawan yang korbankan jiwa raganya untuk NKRI,” sebut Trijuang.

Ditambahkan, momen kegiatan itu juga masyarakat beserta para pelajar mendapatkan penjelasan singkat mengenai sejarah perjuangan para pahlawan melawan para penjajah di surabaya pada tanggal 10 November 1945 silam.

Masyarakat perbatasan menyampaikan terima kasih kepada Satgas Yonif 742/SWY yang telah melibatkan warga serta para pelajar dalam patroli patok batas negara sekaligus pembentangan bendera merah putih memperingati hari pahlawan.[*]

nttonline