27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Imigrasi Natuna Koordinasikan dengan Bupati Natuna soal Pengembangan SDM

BatasNegeri – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai, Gelora Nusantara beserta jajaran melakukan koordinasi dengan Bupati Natuna, Wan Siswandi di Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Ranai, Rabu (15/11/2023).

Audiensi itu terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Natuna. Kegiatan juga dihadiri perwakilan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai, Gelora menyampaikan, Natuna merupakan wilayah perbatasan Indonesia sekaligus merupakan pintu gerbang menuju kawasan ASEAN seperti Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Singapura.

Menurutnya dengan kondisi itu, Natuna memiliki peran strategis dalam membangun kawasan penghubung pembangunan antar negara.

Terutama dalam perekonomian, perlintasan negara dan pengawasan orang asing.

“Tentunya hal ini otomatis meningkatkan perkembangan dan tantangan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai dalam melaksanakan tugas dan fungsi di wilayahnya,” kata Gelora.

Oleh karena itu, mempersiapkan sumber daya melalui pengembangan SDM merupakan kunci utama untuk menunjang pertumbuhan suatu daerah.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Natuna telah menghibahkan tanah seluas 9 Hektare di Desa Binjai, Kecamatan Bunguran Barat.

“Lahan tersebut diperuntukkan pembangunan gedung Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS),” ujarnya.

Selain itu, Gelora menambahkan, guna menunjang keberhasilan program dimaksud, tentunya mempersiapkan SDM Natuna untuk dapat bekerja dalam pekerjaan Pemerintah di bidang Imigrasi melalui Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) dan di bidang Lembaga Pemasyarakatan melalui Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dirasa penting, dalam penyelenggaran dan pembangunan Kabupaten Natuna.[*]

tribunnews.com