2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI AL Siap Sukseskan Perayaan Hari Nusantara 2023 di Tidore

BatasNegeri – Dalam rangka persiapan menyambut Hari Nusantara 2023 yang akan diselenggarakan di Tidore, Maluku Utara, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menerima Paparan Kesiapan TNI Angkatan Laut (TNI AL), Satuan Tugas (Satgas) Hari Nusantara 2023 bertempat di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memahami bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa maritim dengan ditandai dengan Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957.

Deklarasi Djuanda menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Potensi sumber daya laut Indonesia sangat berlimpah perlu pengelolaan yang optimal, sehingga diperlukan cara pandang bahwa laut adalah masa depan yang memiliki potensi sangat besar untuk dikelola demi kesejahteraan bangsa.

Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Pusat Hari Nusantara 2023 adalah Menteri Perhubungan RI. Pada pelaksanaan Hari Nusantara 2023 nantinya TNI AL akan dilibatkan dalam sejumlah kegiatan antara lain, bakti sosial, bakti kesehatan, pameran/expo, serta demontrasi Alutsista maupun personel TNI AL.

Peran TNI AL dalam kegiatan peringatan Hari Nusantara 2023 merupakan implementasi dari program prioritas Kasal yaitu mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, tangguh, dan modern, di mana prajurit Jalasena akan menunjukkan kemampuan personel maupun alutsista pada event nasional tersebut. 

Pada 6 Desember 2023, Komando Armada (Koarmada) III menggelar Apel Pemberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Hari Nusantara Tahun 2023  yang dipimpin oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si yang mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla di Dermaga Lantamal XIV Sorong Sorong Papua Barat Daya.

Apel Keberangkatan tersebut diawali dengan pemeriksaan pasukan, amanat Penerima Apel dan diakhiri dengan inspeksi Alutsista dan peralatan yang dibawa, adapun sebagai Pengambil Apel adalah Komandan Satgas Hari Nusantara 2023 Koarmada III yaitu  Kolonel Laut ( P)  Hananto Dwi Prasetyo yang menjabat sehari-hari sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada III.


Dalam amanat tertulis Pangkoarmada III yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III dikatakan bahwa kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023 Ini merupakan agenda Nasional untuk memperingati Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957 yang merupakan pernyataan kepada Dunia Internasional tentang keutuhan wilayah Republik Indonesia dalam bentuk Negara Kepulauan yang tidak terpisahkan oleh perairan di sekitar, di dalam dan di antaranya. 

Puncak Peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 bertujuan untuk mengenalkan potensi kemaritiman Maluku Utara, khususnya di wilayah Ternate dan Tidore yang merupakan titik nol jalur rempah nusantara dan mancanegara sejak abad Ke-14, kepada Dunia Internasional guna dikembangkan lebih lanjut dalam rangka peningkatan ekonomi lokal dan nasional, adapun peringatan Hari Nusantara tahun 2023 mengangkat tema “Merajut Konektivitas Nusantara Dan Ekonomi Maritim Dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Lebih jauh Pangkoarmada III menyatakan bahwa Hari Nusantara Merupakan Momentum Bagi TNI Angkatan Laut, Khususnya Koarmada III, untuk ambil bagian dan menjadi pionir bagi terrajutnya konektivitas dan peningkatan ekonomi maritim sekaligus menunjukkan kepada Rakyat Indonesia bahwa Koarmada III selalu siap mengawal keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pengiriman Satgas Hari Nusantara Tahun 2023 Ini. 

Diakhir amanatnya Pangkoarmada III menegaskan bahwa seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Hari Nusantara Tahun 2023  akan mampu menyelesaikan tugas pokoknya, baik berupa kegiatan Bakti Sosial, Bakti Kesehatan maupun kegiatan Demonstrasi Laut berupa Sea Cast, Free Fall, Sailing Pass dan Flying Past, dengan tuntas dan berhasil.[*]

tni.mil.id