2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Puncak Hari Nusantara 2023 di Tidore Berlangsung Meriah

BatasNegeri – Puncak peringatan Hari Nusantara tahun 2023 yang berpusat di kawasan Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Rabu (13/12/2023), tampak meriah. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan acara tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Hari Nusantara merupakan peringatan dari berbagai elemen seperti kenusantaraan, rasa persaudaraan, kekayaan alam nusantara, pariwisata domestik, hingga semangat gotong royong dengan memahami arti penting dari wawasan Nusantara, khususnya, memberikan dampak pada wilayah Indonesia bagian Timur.

Kemeriahan puncak Hari Nusantara Tahun 2023 semakin bertambah dengan berbagai kegiatan diantaranya Demonstrasi Sea Cast, parade Sailing Pass 9 Kapal Perang  Republik Indonesia diantaranya 1 Helikopter AS565 Panther TNI AL, Kapal Basarnas, KP Polairud, KN Bakamla, KN Gandiwa 118, Kapal Latih Sultan Hasanuddin, KRI DR. Wahidin Sudirohusodo, KRI Dewaruci dan Kapal Kesultanan Tidore.

Atraksi yang awali Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kapak Nomor Lambung 625 yang merupakan kapal kebanggaan buatan anak bangsa Indonesia melaksanakan Dropping Perenang Tempur Prajurit Kopaska Koarmada III dengan metode Sea Cast.

 Atraksi dilanjutkan Free Fall yang dilakukan 34  peterjun terlatih dari  TNI Angakatan Laut, TNI Angkatan Udara dan TNI Angkatan Darat, peterjun pertama yang dilakukan Serda Wafi  Satkopaska II  yang di saksikan langsung oleh para pengunjung.

Dropping penerjun dilaksanakan pada ketinggian 7000 Feet di atas permukaan laut.para peterjun mendarat di area pendaratan yang telah ditentukan antara lain Area depan tribun utama, area dermaga dan pontoon merah ukuran 10X10 Meter yang berada tepat didepan dermaga. Setiap titik pendaratan tersebut mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda sehingga menjadi tantangan tersendiri dan harus diatasi oleh para peterjun sebelum melakukan pendaratan.Penari menampilkan tarian kolosal Pesona Tidore Kepulauan yang berlatar belakang KRI Dewaruci pada puncak Hari Nusantara Tahun 2023 di kawasan Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan, Rabu (13/12/2023). Tari Kolosal Pesona Tidore Kepulauan diikuti 163 Pelajar dari Tidore Kepulauan.

Sedangkan 100 kapal nelayan mengambil start dari Pelabuhan Trikora Tidore  dan melintasi pantai Tugulufa. Kapal nelayan kesultanan Tidore merupakan nelayan-nelayan wilayah Pulau Tidore dan sekitarnya yang melintas beriringi denga kapal perang RI. Hal tersebut menggambarkan bahwa para nelayan tersebut selalu senantiasa iberikan rasa aman dalam setiap melaksanakan aktivitas laut.

Nelayan juga merupakan salah faktor penting dalam mempertahankan kedaulatan bangsa, untuk itu perlu diberdayakan cara pandang nelayan, tidak hanya untuk mencari ikan semata, namun dapat juga dilibatkan serta menjadi salah satu bagian penting dalam pembentukan pilar-pilar pertahanan negara.

Semua rangkaian kegiatan di Acara Puncak Hari Nusantara berjalan aman dan lancar.[*]

rri.co.id