2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Terbang ke Perbatasan, Mendagri Tito Tinjau Kesiapan PLBN Jagoi Babang yang Akan Diresmikan Jokowi

BatasNegeri – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat, Rabu (13/12/2023).

Tito akan meninjau kesiapan PLBN yang rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo. “(Tito berkunjung) dalam rangka melihat kesiapan PLBN untuk nantinya dapat diresmikan oleh Presiden,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Administrator PLBN Jagoi Babang Misdo Jerry di kantornya, Selasa (12/12/2023).

Misdo mengaku, pihaknya sudah siap menyambut Tito. Pengelola PLBN Jagoi Babang telah memastikan kesiapan sarana dan prasarana di sana. Selain itu, pihaknya juga telah menyelenggarakan gladi resik untuk menyambut sang menteri. “(Tito akan meninjau) petugas CIQS (custom, immigration, quarantine, security) dan sarananya. Beliau akan melihat itu dulu,” tutur Misdo.

“Itulah yang mendorong kami (menyiapkan) operasional. Bagaimana sistem x-ray, bagaimana pelintasan masuk,” sambung dia.

Rencananya, Tito akan berangkat dari Jakarta pukul 05.30 WIB. Setibanya di Bandara Internasional Supadio, Kalimantan Barat, Tito akan terbang ke PLBN Jagoi Babang menggunakan helikopter.

“Semoga udara bagus (supaya) beliau enaklah. Sekarang soalnya musim hujan,” kata Misdo.

Untuk diketahui, PLBN Jagoi Babang berbatasan dengan bagian timur Kota Serawak, Malaysia. Tito akan mengecek kesiapan sarana prasarana PLBN tersebut sebelum diresmikan. Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) berharap, Presiden Jokowi bisa meresmikan PLBN Jagoi Babang pada akhir Desember mendatang.[*]

Kompas.com