2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pangkogabwilhan III Pimpin Launching Prima TNI ‘Mutiara Papua’

BatasNegeri – Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, S.H., M.M., beserta rombongan didampingi Danrem 181/PVT Brigjen TNI Totok Sutriono, S.Sos., M.M., dalam kegiatan Launching Prima TNI “Mutiara Papua” kogabwilhan III tahun 2023, bertempat di pulau Doom Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya. Rabu (13/12/2023).

Menindaklanjuti Program Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto., S.E., M.Si., yang ingin menjadikan TNI ”Prima”, yakni singkatan dari Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif. Pangkogawilhan III bekerjasama dengan pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh adat beserta tokoh masyarakat Doom melaksanakan kegiatan Prima TNI “Mutiara Papua” di wilayah Doom Kota Sorong Papua Barat Daya.

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard dalam sambutannya menjelaskan bahwa Prima TNI “Mutiara Papua” adalah salah satu program unggulan Kogabwilhan III yang berjalan dengan berbagai kegiatan guna mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Papua, untuk mengatasi kesulitan dan mendorong peningkatan kesejahteraan.

“Sesuai visi dan misi bapak Panglima TNI yakni “Prima TNI” maka Kogabwilhan III menjabarkan dengan program Mutiara Papua “pelindung dan perekat bangsa” dengan menabur kebaikan menuai masa depan yang berarti bahwa kehadiran TNI harus menjadi pelindung dan pemersatu seluruh komponen bangsa di seluruh Provinsi Papua,” tegasnya.

Dengan tema, “melalui kegiatan pengembangan kapasitas (capacity building), bakti sosial dan ketahanan pangan, Kogabwilhan III bersama seluruh elemen masyarakat untuk melangkah bersama kami Papua aman, damai dan sejahtera menuju indonesia maju,” bebernya.

“Kegiatan yang kita laksanakan meliputi bidang pendidikan untuk meningkatkan Capability Bulding para remaja dan anak melalui pemberian bantuan diantaranya laptop dan komputer, serta pemberian bantuan pendidikan dan beberapa bantuan lainnya seperti pemberian makanan tambahan kepada anak didik sekolah minggu, mesin air, tandon air serta perlengkapan hidroponik. Guna menumbuhkan kemampuan muda-mudi gereja dalam usaha di bidang ketahanan pangan yang dapat mendukung perekonomian keluarga, dan di bidang sosial melalui pemberian bantuan pembangunan gedung sekolah minggu yang pembangunannya melalui konsep rumah tumbuh secara bertahap sehingga dapat digunakan menjadi sarana pendidikan non formal oleh anak-anak sekolah minggu,” ungkapnya.

“Akan ada pemecahan rekor muri berupa pembuatan pohon Natal dari kulit kerang sebanyak 16.000 kulit kerang dibuat selama 12 hari oleh Persekutuan Pemuda Doom yang memanfaatkan kulit kerang, kerajinan cangkang kerang ini merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Papua Barat Daya,” imbuhnya.

“Kita semua juga patut bangga, dimana pada 20 November 2023 beberapa hari lalu di Perancis bahasa Indonesia telah ditetapkan secara resmi oleh UNESCO sebagai bahasa yang dapat digunakan dalam komunikasi dan pidato resmi Internasional,” tuturnya.

“Bagi masyarakat Papua adanya penetapan Noken Papua sebagai warisan budaya oleh UNESCO yang diperingati setiap tanggal 4 Desember menjadi kebanggaan bagi kita semua yang patut kita syukuri dan lestarikan,” pungkasnya.

‘Bersama-sama dengan seluruh instansi dan komponen masyarakat mari saling membantu, membangun dan mewujudkan keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan serta menjalin silaturahmi,” ujarnya.

“Kita semua berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau Doom khususnya dan Papua Barat Daya pada umumnya, “menabur kebaikan menuai masa depan,” tutupnya.

Dalam sambutan Pj. Gubernur Papua Barat Daya Dr. Drs. Mohammad Musa’ad, M.Si memberikan Ucapkan Terima kasih kepada Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon S.H., M.M. dan Ibu bersama Rombongan yang telah datang di wilayah Provinsi Papua Barat Daya terkhusus Kepulauan Doom, pungkasnya.

Hari ini kita patut bersyukur atas kehendak Tuhan, sehingga kita bisa hadir di tempat ini dalam rangka melakukan peletakan Batu Pertama dan Penerima Rekor Muri Pohon natal terbuat dari Kulit Kerang,” imbuhnya.

Sebagai pejabat Gubernur Papua Barat Daya mengucapkan penghargaan dan Bangga atas kunjungan Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon S.H., M.M. dan Ibu bersama Rombongan di Tanah Papua Barat Daya,” ucapnya.

Perlu di ketahui bahwa Kepulauan Doom Ini merupakan sejarah awal Pemerintahan Sorong di Tanah Papua sehingga ini merupakan Sejarah yang kita tidak bisa lupakan, ujarnya.

Kami baru saja memimpin Provinsi Papua Barat Daya ini selama Satu tahun dengan Tiga program yang utama yakni Papua Sehat, Papua Cerdas, Papua Produktif, ungkapnya.

Dengan kegiatan ini menjadi suatu kebersamaan antara Kita semua dalam membangun suatu Daerah sehingga mari Kita menjaga Keamanan sehingg Pembangunan akan berjalan dengan Lancar akhir Kata Kitorang Kuat karena Torang Satu,” tutupnya.[*]

persbhayangkara.id