2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Mensos Serahkan 20 Unit Rumah Tahan Gempa di NTT

BatasNegeri – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan 20 unit Rumah Sejahtera Terpadu (RST), rumah tahan gempa di Jalan Betun-Perbatasan, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur. Rumah tersebut diberikan kepada 20 kepala keluarga pra-sejahtera dan masyarakat yang terkena dampak badai Seroja 2021 lalu.

Mensos Tri Rismaharini berharap, bantuan rumah tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Mensos juga berharap, warga bersama-sama bisa memanfaatkan lahan yang tersedia sangat luas di Nusa Tenggara Timur, termasuk menanam berbagai jenis sayuran di pekarangan rumah.

Mensos menceritakan pengalamannya saat menjadi Wali Kota di Surabaya bisa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan sempit dengan menanam berbagai sayuran dan buah-buahan.

“Sekarang untuk kebutuhan makan di rumah, sebagian bisa memanfaatkan berbagai jenis sayuran yang tumbuh di lahan terbatas,” kata Mensos Risma di sela-sela peninjauan Rumah Sejahtera Terpadu tersebut, Senin (18/12/2023).

Rumah Sejahtera Terpadu dibangun khusus dengan bata interlock yang memiliki ketahanan tinggi terhadap gempa. Rumah yang dibangun berukuran 6 meter x 6 meter dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan dapur.

Selain memberikan bantuan rumah, Kemensos juga memberikan bantuan pemberdayaan berupa bantuan usaha seperti pertanian untuk 9 orang, ternak kambing 1 orang, ternak ayam potong 1 orang, tata boga 1 orang, dan salon 1 orang. Selain itu juga Mensos juga memberikan bantuan pemberdayaan berupa mesin jahit untuk 2 orang, usaha cuci motor 1 orang, kios 1 orang, perahu dan mesin 2 orang, dan pertukangan 1 orang.[*]

mjnews.id