2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

PJ. Gubernur Ajak Masyarakat Papua Terus Kobarkan Semangat Bela Negara

BatasNegeri – Pemerintah Provinsi Papua dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, menyelenggrakan upacara yang diikuti ASN, TNI/POLRI Organisasi Masyarakat dan lapisan masyarakat lainnya (19/12/2023).  

Pj. Gubernur Papua yang diwakili oleh Plt. Asisten Sekda Bidang Pemerintahan  Yohanes Walilo, S. Sos, M. Si,  bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan arahan Presiden Republik Indonesia,  menegaskan bahwa setiap kita, Warga Negara  harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. 

Semangat Bela Negara, sebut Yohanes, bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,  dan melalui  Peringatan Hari Bela Negara ke-75, Tahun 2023 ini, mengajak masyarakat Indonesia lebih khusus di Papua untuk terus mengobarkan semangat Bela Negara”, ujar Yohanes. 

Sementara itu pada rangkaian upacara tersebut juga dilakukan Pembacaan Ikrar Bela Negara bahwa sebagai warga negara untuk selalu bersikap dan berkanji: Mencintai tanah air; Memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara; Setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, Rela berkorban bagi bangsa dan negara; serta  Memiliki kemampuan awal bela negara.[*]

papua.go.id