2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Ekspor Sayuran dan Perikanan di PLBN Badau Capai Rp 6,1 Miliar Per Tahun

BatasNegeri – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (10/01/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka memantau aktivitas serta dampak dari beroperasinya PLBN Badau terhadap pertumbuhan ekonomi, terutama bagi masyarakat di sekitar kawasan.

“Jadi ini kan PLBN Badau, salah satu dari tiga PLBN di Kalbar yang sudah beroperasi. Ada da lagi sebenarnya yakni Sintang dan Jagoi Babang. Di Jagoi Babang sebentar lagi diresmikan oleh Pak Presiden,” kata Harisson dalam keterangan tertulis, Rabu siang.

Harisson memuji PLBN Badau ini termasuk paling rapi dalam pengelolaannya. Secara operasional, PLBN Badau juga telah membuka pintu ekspor bagi produk sayuran dan perikanan masyarakat.

“Dan di sini sudah mulai ada ekspor, untuk sayur-sayuran dan perikanan. Nilai ekspornya itu sudah Rp 6,1 miliar dalam setahun,” ucap Harisson.

Harisson berharap, semoga nilai produk domestik yang diekspor dapat terus ditingkatkan, sehingga semakin berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Kalbar dan nasional secara umum.

“Mudah-mudahan ini bisa terus ditingkatkan dan akan membawa pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah. Kita terus dorong PLBN Badau ini,” ujar Harisson.[*]