2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

TNI Gagalkan Penyelundupan Motor di Perbatasan Indonesia- Timor Leste

BatasNegeri – Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY kembali menggagalkan satu unit sepeda motor Yamaha Mio yang diduga hendak diselundupkan ke Negara Timor Leste.

Dansatgas 742/SWY, Mayor Inf Trijuang Danarjati, menyampaikan penggagalan terhadap satu unit motor tersebut di jalur tikus perbatasan RI-RDTL sekitar pukul 16.30 WITA oleh anggota Pos Fatuha, Kabupaten Malaka.

“Penggagalan oleh anggota Pos Fatuha bermula adanya informasi dari satgas gabungan intelijen kepada Dankipam III Kapten Inf Taura Mheru Asadulloh terkait akan ada aktivitas ilegal disekitar sungai perbatasan RI-RDTL,” ujarnya kepada Pos Kupang Sabtu, 13 Januari 2024.

Menindaklanjuti informasi tersebut, tambahnya, Dankipam III memerintahkan Danpos Fatuha Letda Inf Arief Rama Rahmawan, untuk gencar melaksanakan Patroli dan Ambush di jalur tikus perbatasan RI-RDTL.

“Tepatnya pada Jumat 12 Januari 2024, sekitar pukul 16.30 WITA, Tim Ambus melihat dua orang tidak dikenal (OTK) membawa sepeda motor turun ke arah perbatasan negara RI-RDTL, menduga bahwa OTK tersebut akan melakukan kegiatan ilegal di jalur tikus perbatasan,” tambahnya.

Lanjutnya, melihat dua OTK tersebut Tim Ambus bergerak cepat untuk mendekati para terduga pelaku.

“Melihat kehadiran Tim Ambus, terduga pelaku penyelundup melarikan diri. Dilakukan upaya pengejaran namun para terduga pelaku berhasil meloloskan diri. Dilakukan penyisiran di TKP dan Tim Ambus Satgas Yonif 742/SWY mendapatkan barang bukti (BB) 1 unit sepeda motor jenis Yamaha Mio yang diduga akan diselundupkan dari Indonesia ke Timor-Leste,” jelasnya.

“Barang bukti tersebut untuk sementara kami amankan di Pos Fatuha dan akan kami serahkan kepada pihak yang berwenang guna penegakan hukum selanjutnya,” pungkasnya.[*]

tribunnews