2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Akselerasi Proses Hukum di Perbatasan RI-Malaysia, Gedung Kacabjari Dibangun di Pulau Sebatik

BatasNegeri – Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan, Kalimantan Utara, Teguh Ananto mengatakan, Pulau Sebatik yang merupakan wilayah perbatasan RI-Malaysia, rawan akan tindak kriminal.

Banyak kasus kejahatan narkoba, penyelundupan barang terlarang dan terbatas (Lartas), hingga kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ditemukan di Pulau Sebatik.

Kendati demikian, proses hukum terkendala dengan jarak, sehingga butuh waktu tak sebentar, dan biaya transportasi yang tidak sedikit.

“Kita belum ada sarana transportasi. Baik kapal, speed boat, semua masih pinjam sewa. Kalau Kacabjari Sebatik sudah aktif, tentu akan ada efisiensi anggaran dan akselerasi proses hukum di perbatasan Negara ini,” ujarnya, Rabu (17/1/2024).

Kabupaten Nunukan, kata Teguh, memiliki geografis yang cukup unik. Ada wilayah dataran tinggi Krayan yang hanya bisa ditempuh dengan transportasi udara. Kemudian ada wilayah sungai dengan jarak tempuh mulai 6 hingga 9 jam yang anggaran ke daerah itu membutuhkan belasan juta Rupiah. Sehingga butuh adanya solusi konkret agar penegakan hukum bisa dilakukan dengan pertimbangan efisien, cepat dan menjangkau semua wilayah di perbatasan Negara ini.

“Keputusan Kejagung sudah ada. Kita segera bangun Kacabjari (Kantor Cabang Kejaksaan Negeri) Sebatik, di mana personel yang ditugaskan sedang menunggu perintah dari atas juga,” ujarnya lagi.

Keberadaan Kacabjari Sebatik akan sinkron dan memperkuat pengawasan di jalur rawan perbatasan, sekaligus menjadi back up bagi kinerja Pelabuhan Lintas Batas Negara (PLBN) Sebatik.

Jaksa juga akan menjalin sinergitas dengan seluruh Aparat Penegak Hukum (APH) di perbatasan, untuk terus mengedukasi masyarakat agar tidak terlibat dalam kejahatan transnasional, khususnya narkoba, yang memang selalu menjadikan alur laut Sebatik, sebagai jalur sutra penyelundupan narkoba.

“Jadi Kacabjari meski berada dibawah koordinasi Kejari Nunukan, tapi dia mandiri, punya anggaran dan fasilitas sendiri, sehingga akan sangat membantu kinerja Kejari Nunukan,” kata Teguh.[*]

kompas.com