2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Pesona Pulau Sara’a di Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara, Tempat Wisata Hits Kekinian

BatasNegeri – Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. 

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, di mana hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, bukan rahasia lagi jika Indonesia menyimpan pesona wisata pulau terindah yang populer di mata wisatawan lokal dan mancanegara.

Dari wilayah barat hingga timur, tiap destinasi pulau yang ada di Indonesia siap membuat para pengunjungnya terkagum-kagum lewat panorama pesisir pantai, hamparan pasir, serta habitat bawah lautnya.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke pulau terindah yang ada di Indonesia tapi bingung harus mulai mencari informasi dari mana, berikut ini Tribunmanado.co.id bagikan informasi terkait salah satu pulau terindah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Pulau tersebut bernama Sara’a.

Pulau Sara’a terletak di Kecamatan Lirung, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi  Sulawesi Utara, yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia dengan negara Filipina.

Pulau Sara di Kabupaten Kepulauan Talaud-Provinsi Sulawesi Utara ini, mungkin belum familiar bagi kebanyakan orang.

Namun perlu diketahui Pulau ini dianugerahi dengan beningnya air laut dan pasir putih yang halus, pulau tak berpenghuni ini layak dikunjungi jika anda sedang berada di Melonguane, Ibukota Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dari pelabuhan Melonguane di Talaud, wisatawan yang hendak menuju Pulau Sara harus naik speed boat selama dua puluh menit waktu tempuh, dan menyiapkan ongkos senilai 50 ribu rupiah untuk pulang pergi.

Daya tarik dan keunggulan utama Pulau Sara ini ialah pantai dengan pasir putih yang halus serta air laut yang bening dan menyejukkan.

Selain itu, di pulau ini tumbuh berbagai pohon dan tumbuhan hijau yang menyejukkan mata.

Bahkan jika cuaca sedang cerah, pasir pantai di Pulau Sara akan terlihat berwarna pink, sementara air laut bergradasi hijau toska yang memikat mata setiap pengunjung.

Berenang di pantai Pulau Sara pun akan terasa menyenangkan dan aman terutama bagi anak-anak, karena cenderung tak ada gelombang dan arus berbahaya di sekitar.

Jarak tempuh yang dekat dengan Pelabuhan Melonguane membuat pengunjung mudah untuk mencapai Pulau Sara, dan menjadikan lokasi ini sebagai destinasi  favorit warga sekitar ataupun pendatang dari luar daerah.

Meski tidak berpenghuni, di pulau kecil ini terdapat sejumlah “Cottage” kecil yang bisa disewa pengunjung untuk sekedar bersantai maupun rehat  usai bermain air.

Jika bosan bermain air, ada tempat penyewaan sepeda yang bisa dipakai untuk berkeliling pulau dengan suguhan pemandangan pepohonan hijau nan alami.

Keindahan bawa laut menjadi pemandangan indah bagi pencinta snorkeling dan diving.

Berbagai  spesies ikan dan terumbu karang yang sangat indah dapat dijumpai di bawah laut pulau Sara’a. 

Dipulau tersebut sudah disiapkan sara dalam melakukan aktivitas diving atau menyelam. 

Berkunjung ke Pulau Sara memang belum disarankan untuk menginap, karena belum ada layanan penjualan makanan oleh pengelola dan warga sekitar.

Namun jangan khawatir, untuk penganan ringan dan air minum tersedia di warung kecil milik penduduk setempat.

Bagi anda pecinta pantai, pulau sara wajib dicoba, terutama untuk menghilangkan penat dan kejenuhan akibat rutinitas.[*]

tribunnews