2 Maret 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Velix Wanggai Upayakan Mendorong Percepatan Pembangunan Nduga Terpadu

BatasNegeri –  Pj Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai, melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Nduga, Jumat (26/1/2024). Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur turut didampingi Ketua TP PKK, Ibu Herwin Wanggai, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Papua Pegunungan.

Kunjungan ke Nduga adalah kunjungan pertama Pj Gubernur dari 8 Kabupaten, sejak ia dilantik pada 13 November 2023 lalu. Dalam Kunker tersebut, Pj Gubernur mengunjungi Puskesmas Kota Dekai, SD Gabungan Dekai dari 12 Distrik, dan RSUD Dekai.

Selain itu, ia juga melaksanakan rapat koordinasi dengan Pj Bupati Nduga dan Ketua KPUD serta Bawaslu, kaitan dengan pemilu serentak di 14 Februari 2024.

“Ini adalah simbol bagi kami bahwa ada kesehatan dan pendidikan yang harus kami perhatikan memberikan atensi. Kami sadar dengan segala keterbatasan di daerah ini, sehingga kami akan mengelolah agenda ini, supaya peningkatan pelayanan dasar di sekolah juga dapat berjal dengan baik,” kata Velix Wanggai.

Khususu RSUD Nduga, Pj Gubernur juga akan memberikan perhatian penuh karena hampir 4 bulan terakhir pelayanan RSUD tersebut belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan, karna adanya kekurangan SDM kesehatan, obat-obatan, dan dukungan sarana prasarana lainnya.

“Rumah Sakit ini fasilitasnya sudah relatif baik, tapi nanti kita akan lihat secara terpadu. Kita targertkan dalam waktu dekat ini pelayanan dasar kesehatan sudah dapat terlaksana di Kabupaten Nduga,” kata Velix.

“Nduga akan jadi perhatian secara Nasional, nanti kami akan laporkan secara khusus ke pemerintah pusat dan kontribusi dari lembaga kementrian juga bisa kita lakukan untuk membangun Kabupaten Nduga ini,”ucapnya.

Velix mengharapkan, percepatan pembangunan Nduga terpadu, yang meliputi pendidikan, kesehatan , dan ekonomi dapat segera terealisasi kedepan. “Kita harap Nduga bisa menjadi pintu masuk jalur logistik, sehingga kami akan melihat secara terpadu bagaimana mengelolah percepatan pembangunan terpadu di Kab. Nduga.[*]