21 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Meriahkan Hari Pancasila, Warga Ende Gelar Parade 1000 Simbol Garuda

BatasNegeriBatasnegeri.com – Meski sedang dalam suasana duka akibat wafatnya Bupati Ende, Marcel Petu, Warga Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tetap menggelar festival tahunan untuk memeriahkan Hari Pancasila yang jatuh pada setiap 1 Juni.

Parade Pancasila di Ende3

Jumat pagi (31/5/2019),  sekitar pukul 07.00 WITTeng  seluruh ASN dari berbagai instansi pemerintah, para pengurus Ormas, serta warga Ende menggelar parade seribu simbol Garuda Pancasila. Pelepasan Parade Darat dilakukan di Dermaga Pelabuhan Bung Karno. Tampak ribuan peserta parade mengenakan busana daerah dari masing-masing etnis dengan membawakan Bendera Merah Putih dan lambang burung garuda.

Parade Pancasila di Ende

Acara diakhiri dengan penyemayaman replika burung Garuda di bawah pohon sukun, di sekitar Lapangan Pancasila. Di bawah pohon sukun inilah dulu Bung Karno biasa merenungkan butir-butir Pancasila, sembari menerawang jauh ke laut lepas. Tempat di sekitar pohon Sukun ini kemudian diberi nama Taman Renungan Pancasila.

Sebelum parade, terlebih dahulu dilakukan malam Renungan Suci di Taman Renungan Pancasila. Renungan itu dilakukan pada tengah malam pukul 24.00 yang diikuti para ASN, TNI, Polri dan perwakilan sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi di Kota Ende. [berbagai sumber]