27 Juli 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Janji Jokowi Untuk Pace Mace di Papua

BatasNegeri – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmennya untuk terus melakukan pembangunan serta memajukan Papua.

Baik pembangunan di bidang fisik maupun pembangunan sumber daya manusia (SDM) di Bumi Cendrawasih itu.

Demikian disampaikan Jokowi yang kembali memberikan pernyataan resminya terkait kerusuhan yang pecah di Abepura dan Jayapura di sela kungjungan kerja di Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019) malam.

“Bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk memajukan Papua, baik di bidang fisik, maupun sumber daya manusia agar kita semuanya, utamanya, khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera,” ucap Jokowi.

Karena itu, orang nomor satu di Indonesia itu mengajak semua pihak untuk menjaga situasi dan kondisi yang damai di Papua.

“Mari kita semuanya menjaga agar Tanah Papua tetap menjadi sebuah wilayah yang damai, tanah yang damai,” imbaunya.

Jokowi juga mengajak kepada semua ketua-ketua dan tokoh adat, tokoh agama serta kaum muda Papua untuk mewujudkan Papua yang maju dan tetap damai.

“Sekali lagi, mari kita jaga Tanah Papua sebagai tanah yang damai,” tekan Presiden.

Menurutnya, akibat kerusuhan yang terjadi di Papua belakangan ini, hanya akan merugikan masyarakat, khususnya di Papua.

“Karena kita semuanya akan rugi apabila ada fasilitas-fasilitas umum, fasilitas-fasilitas publik, fasilitas-fasilitas masyarakat yang kita bangun bersama jadi rusak atau dirusak,” terangnya.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga membeberkan bahwa dirinya sudah menyampaikan perintah khusus terkait kerusuhan di Bumi Cendrawasih itu.

“Saya juga telah memerintahkan, sebetulnya tadi malam, saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI,” ungkapnya.

Perintah itu adalah untuk menindak tegas siapapun pelaku anarkis dan rasisme.

“Untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkistis serta rasialis,” tegasnya.

Sebelumnya, Tenaga Ahli Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin yakin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa meredam kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Bahkan, ia menyebut bahwa orang nomor satu di Indonesia itu bakal turun langsung dalam waktu dekat ini untuk menyelesaikan kerusuhan di Bumi Cendrawasih.

Demikian disampaikan Ali Mochtar Ngabalin dikutip PojokSatu.id dari RMOL, Kamis (29/8/2019).

Ngabalin menyatakan, Jokowi cukup terpandang di mata rakyat Papua. Sehingga, kedatangannya nanti akan efektif mendamaikan rakyat.

“Papua dan Pak Jokowi itu sudah seperti saudara. Mereka sangat patuh apabila Pak Jokowi datang ke Papua untuk damai,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu mengingatkan bahwa Jokowi merupakan presiden yang sering berkunjung ke Papua.

Bahkan wilayah di ujung timur Indonesia itu sudah seperti kampung halaman kedua bagi Jokowi.

Sehingga, sosok asli Kabupayten Fakfak itu yakin kedatangannya mampu memberikan dampak positif bagi rakyat Papua.

“Pak Jokowi sering ke Papua, sama seperti kampungnya sendiri, sama seperti saya pulang kampung ke kampung saya di Papua,” tuturnya.

“Beliau akan datang nanti dan akan meredam situasi ini,” terangnya.

Saat ini, kata Ngabalin, Jokowi tengah mengatur waktu untuk segera berangkat menemui rakyat Papua.

“Beliau sedang mengatur waktu untuk datang, karena beliau punya agenda padat sekali, pasti beliau akan datang,” tutupnya.