23 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Kapolda Kalbar, Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto

Antisipasi Kejahatan Transnasional, ini yang Dikatakan Kapolda Kalbar

Kawasan perbatasan menjadi perhatian Kapolda Kalbar, Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto. Kabupaten Sanggau sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, jangan sampai dimanfaatkan pelaku kejahatan transnasional. Antisipasi semua ancaman dari luar, terutama narkoba.

Pesan itu disampaikan Kapolda ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sanggau. Orang nomor satu Polda Kalbar itu mengunjungi kediaman dinas Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH), Minggu (23/2).

Sebelum mengunjungi kediaman orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu, Kapolda juga bersilaturahmi dengan Ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot, Keuskupan Sanggau, Keraton Surya Negara Sanggau dan beberapa tokoh masyarakat di Bumi Daranante, julukan Kabupaten Sanggau.

Hadir di kediaman dinas PH, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan serta sejumlah Kepala OPD Kabupaten Sanggau.

PH mengatakan, karena baru bertugas, Kapolda Kalbar tentunya ingin mengenal betul wilayah Kabupaten Sanggau, termasuk ke perbatasan Entikong.

“Beliau datang memang silaturahmi, ingin ketemu tokoh-tokoh masyarakat di Kabupaten kita ini. Sekalian juga beliau bisa mampir di rumah dinas Bupati, kami juga melaporkan juga bahwa pemerintah daerah mensupport kegiatan-kegiatan Polri yang ada di Kabupaten Sanggau. Termasuk pembangunan SPN yang ada sekarang di Singkawang,” kata Bupati.

Selain ke kediaman dinasnya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau ini juga menyebut bahwa Kapolda juga datang untuk bersilaturahmi ke beberapa tokoh masyarakat di Kabupaten Sanggau.

“Dengan semakin mengenal daerah kita, tentu ke depan kita berharap banyak masukan dari kita untuk yang beliau bisa bantu kita. Contoh, kita ingin juga banyak anak-anak Sanggau yang ke depan bisa menjadi polisi. Beliau pasti lihat kondisi-kondisi kita di sini,” ucap PH.

Sama seperti saat berkunjung ke Kabupaten Sintang. Awak media juga tidak berkesempatan untuk mewawancarai Kapolda. Sementara itu, Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi menyampaikan, kunjungan kerja Kapolda ke wilayah Sanggau untuk mengecak kesiapan Polres Sanggau dalam melaksanakan tugas kepolisian, bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat.

“Karena beliau pejabat baru, minta dukungan. Karena para tokoh masyarakat, semua elemen masyarakat penting bagi kami untuk melaksanakan pengamanan, untuk menjaga Kamtibmas. Sehingga dalam menanggapi segala isu, perkembangan yang ada bisa cepat dikoordinasikan. Dan semuanya bisa berjalan dengan normal dan itu memang tugas yang harus kita laksanakan,” imbuh Kapolres.

Menurut Raymond, Kapolda juga memberikan penekanan terkait wilayah perbatasan. “Untuk daerah perbatasan, penekanan Kapolda yakni tetap jaga perbatasan dengan baik, jangan sampai ada kejahatan-kejahatan perbatasan terjadi. Dan antisipasi semua ancaman dari luar, khususnya narkoba,” tuturnya.

Kemudian, Kapolres menambahkan, kepada anggota Polres Sanggau, yakni diminta melaksanakan tugas dengan baik. Mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat, dan menjamin keamanan, kambtibmas, khususnya di Kabupaten Sanggau bisa berjalan dengan baik.[*]

SUARAPEMREDKALBAR