17 Juni 2024

batasnegeri.com

Membangun Indonesia dari Pinggiran

Ada Indikasi KKB Gagalkan PON Papua

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  di Tanah Papua sudah dirancang sedemikian rupa, agar memiliki banyak makna. Tidak saja untuk ajang mencetak prestasi atlet semata, tetapi lebih dari itu, untuk merajut kebhinekaan dan memperkuat persaudaraan.

PON ke-20 di Bumi Cenderawasih ini memiliki nilai strategis, yaitu merepresentasikan jalinan persaudaraan antar anak bangsa dan mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia melalui solidaritas antar daerah dan antar rakyat Papua itu sendiri.

Namun sebagai bangsa, kita agak terusik dengan meningkatnya intensitas gangguan keamanan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Provinsi Papua selama awal tahun 2020 ini.

Terjadi aksi penembakan di beberapa daerah, yaitu di Kabupaten Nduga, Intan Jaya, Mimika, Pegunungan Bintang, dan Keerom dalam dua bulan ini.

Terkait hal itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw mengatakan ada indikasi KKB ingin menggagalkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Tanah Papua pada Oktober 2020 nanti.

“Saat ini sedang didalami mengingat beberapa hari terakhir ini sering terjadi penembakan di beberapa daerah,” kata Waterpauw kepada Antara di Timika, Rabu (4/3/2020).

Sejalan dengan itu, Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf. Dax Sianturi mengatakan, ulah KKB memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menggagalkan dua agenda nasional yang akan dilaksanakan di Papua pada tahun ini, yaitu PON dan Pilkada.Menurutnya, kendati saat ini antar KKB belum terhubung, namun tujuan mereka sama sehingga beberapa kelompok melakukan aksi dalam kurun waktu yang singkat.“Sepertinya begitu ya, kalau menurut saya tidak terkordinasi benar tapi mereka punya tujuan yang sama karena ada dua event nasional yang penting di Papua, PON dan pilkada serentak,” kata Dax sebagaimana dirilis Kompas.com, Selasa (3/3/2020).

Kita berharap, TNI dan Polri terus bersinergi menjaga situasi keamanan di Papua kondusif.  Tentu kedua institusi ini sudah punya strategi khusus untuk menghadapi para pembuat onar, khususnya terhadap KKB.

Selain tegas melakukan penegakan hukum kepada pihak-pihak yang melakukan aksi kriminal, kita berharap parat juga mengedepankan upaya persuasif.Ayo, seluruh anak bangsa, khususnya warga Papua, mari torang dukung kinerja Polri dan TNI mengawal PON XX dari gangguan kelompok-kelompok yang sering bikin onar di Tanah Papua. Torang Bisa.[*]